Pontianak (Antara Kalbar) - Tim SAR Pontianak berhasil mengevakuasi tiga orang nelayan di perairan Kalimantan Barat yang sebelumnya sempat terapung kemudian diselamatkan oleh ABK dari kapal "Cargo Benedict Schulte".

"Ketiga nelayan yang berhasil kami selamatkan tersebut, yakni Hasan Basti (26), Irwansyah (22), dan Azis (24) yang kesemuanya asal Pangkal Pinang," kata Humas SAR Pontianak, Untung Supriadi di Pontianak, Senin.

Ia menjelaskan, upaya penyelamatan tersebut, menggunakan Kapal Penyelamat 417 Kantor SAR Pontianak, terhadap tiga nelayan, yang sebelumnya diselamatkan oleh ABK kapal cargo berbendera Cyprus Benedict Schulte.

"Kapan nelayan tersebut tertabrak oleh sebuah kapal tongkang di perairan Pangkal Pinang. Dampak dari itu, maka ketiga orang nelayan tersebut sempat terapung-apung sampai akhirnya berhasil diselamatkan oleh para ABK kapal Benedict Schulte yang melintas saat kejadian," ungkapnya.

Ia menambahkan, dilakukannya upaya penyelamatan tersebut, karena lokasi terapungnya nelayan itu sudah jauh dari Pangkal Pinang dan cenderung memasuki perairan Kalbar, sehingga disepakatilah upaya penyelamatan agar dilakukan oleh Tim SAR Pontianak.

"Maka kami sepakatilah titik pertemuan di sekitar dari muara Jungkat, Senin pagi sekitar pukul 03.00 WIB. Kemudian dibawa ke Dermaga KSOP Pontianak," ujarnya.

Selanjutnya ketiga korban dibawa ke Puskesmas Kampung Bali, Kota Pontianak untuk mendapat penanganan medis, kata Untung.

Ia menambahkan, untuk penanganan selanjutnya, maka pihaknya akan berkoordinasi dengan instansi terkait.

Pewarta: Andilala

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017