Sungai Raya (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, Kalimantan Barat, Rusman Ali mendengarkan beberapa cerita yang dituturkan oleh anak-anak SD/MI dalam lomba bercerita bagi anak-anak tingkat SD/MI sedaerah itu.

Kegiatan ini dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Kubu Raya melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Kubu Raya.

"Saya rasa ini kegatan yang positif karena melalui bercerita, anak-anak bisa lebih baik dalam bersosialisasi dengan orang-orang sekitarnya, terlebih ini bisa menumbuhkan percaya diri anak-anak," kata Rusman Ali, saat membuka lomba bercerita siswa SD/MI se-Kubu Raya, Kamis.

Pada kegiatan itu, semua peserta diberikan kebebasan membawa cerita yang berasal dari cerita rakyat dalam rangka mengembangkan budaya lokal.

Dikatakannya, untuk bisa bercerita mereka harus banyak membaca, sekaligus mereka akan semakin mengenal cerita-cerita rakyat yang ada di daerah ini juga mengenal nilai-nilai budaya dan tata kehidupan yang berda dalam kisah-kisah di cerita tersebut.

"Lomba ini salah satu tujuan mendorong adik-adik menjadi gemar membaca. Kemampuan bercerita ada karena semakin banyak membaca maka wawasan semakin luas," kata Rusman Ali.

Rusman Ali menuturkan, ajang ini juga menjadi tempat bagi mereka untuk menyalurkan kreativitasnya melalui bercerita.

Mereka juga akan mendapatkan banyak pengalaman sehingga mampu meningkatkan kemampuan mereka. Menggali potensi dirinya serta mengekpresikan diri dengan gaya bercerita sehingga ekspresi juga terlatih, keahlian serta kemampuan tampil dihadapan umum juga sekaligus dapat diasah dan dilatih.

"Harapannya mari lah memanfaatkan kesempatan ini, memang tujuan akhir bukan mendapatkan juara semata, tetapi yang paling penting bagaimana mengasah kemampuan, mengekspresikan diri serta keberanian tampil" tutur Rusman Ali.

(U.KR-RDO/S023)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017