Pontianak (Antara Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya memberikan bantuan pompa air kepada para petani untuk meningkatkan produktivitas pertanian masyarakat.

"Program peningkatan produksi pangan Kubu Raya terus menerus didorong dengan berbagai program dan bantuan alat-alat pendukung. Untuk menjaga dan menata pengairan bagi kelompok-kelompok tani di Kubu Raya, selain membangun irigasi, Pemerintah juga memberikan bantuan pompa air," kata Bupati Kubu Raya Rusman Ali di Sungai Raya, Jumat.

Dia mengatakan akan terus berupaya meningkatkan produksi tanaman pangan Kubu Raya dengan berbagai program dan dengan bantuan-bantuan peralatan dan pendampingan dari dinas terkait.

"Di samping kita mengupayakan pembangunan irigasi, kita juga membantu fasilitas pendukung seperti pompa air agar kelompok tani bisa terbantu mengelola pengairan. Terutama saat musim penghujan dan musim kemarau, kita membutuhkan pompa air ini untuk mengontrol pengairan," tuturnya.

Rusman Ali mengharapkan dengan semakin lengkapnya fasilitas pertanian dapat semakin meningkatkan produktifitas pertanian Kubu Raya menuju swasembada pangan Kubu Raya dan Kalimantan Barat.

Pemerintah Kubu Raya melalui instansi terkait juga akan terus mengupayakan pendampingan dan penyuluhan terhadap petani di Kubu Raya, sehingga hasil-hasil pertanian Kubu Raya terus meningkat yang berujung pada kesejahteraan masyarakat petani.

Sementara itu, salah satu anggota Kelompok Tani di Sungai Jawi yang menerima bantuan dari Bupati Kubu Raya Sarwanto nenyampaikan terima kasihnya atas perhatian dan kepedulian Bupati Kubu Raya Rusman Ali terhadap kebutuhan masyarakat khususnya petani.

Sarwanto mengaku bantuan fasilitas pertanian tersebut akan sangat membantu kelompoknya terutama dalam mengelola pengairan saat musim penghujan dan saat kemarau.

"Kami sangat berterima kasih kepada pak Bupati atas kepeduliannya terhadap kebutuhan kami. Pompa air ini memang sangat kami butuhkan terutama saat curah hujan tinggi dan musim kemarau," tuturnya.

Baca: Petani Bengkulu Dapat Bantuan Pompa Air

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017