Pontianak  (Antara Kalbar) - Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik Republik Indonesia Karolin Margret Natasa megharapkan para pemuda Katolik di Kalimantan Barat melanjutkan pendidikan di Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri di Pontianak agar menjadi pembina umat pada masa mendatang.

"Hari ini, Kalbar telah memiliki Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri, bahkan yang menjadi yang pertama di Indonesia sehingga ini bisa menjadi kebanggan masyarakat Katolik Kalbar. Untuk itu saya harapkan para pemuda Katolik bisa memantapkan pendidikannya di sekolah ini agar bisa menjadi pembina umat ke depan," katanya saat menghadiri peresmian Sekolah Tinggi Agama Katolik Negeri Pontianak di Pontianak, Kamis.

Pada kesempatan itu, dirinya menyampaikan ucapan selamat atas peresmian sekolah tinggi tersebut oleh Menteri Agama RI Lukman Hakim Saifuddin.

"Selamat atas peresmian STAKatN. Ini merupakan Sekolah Tinggi Agama Katolik berstatus negeri pertama di Indonesia," tuturnya.

Dia menyatakan menyadari bahwa pendidikan agama memegang peran yang fundamental bagi kehidupan berbangsa dan bernegara karena membentuk manusia yang berbudi pekerti luhur dan berakhlak mulia.

"Ini merupakan salah satu bentuk negara hadir dan bertanggung jawab atas kehidupan umat beragama di Indonesia, khususnya Kalimantan Barat melalui pendidikan tinggi," katanya.

Sebagai lembaga pendidikan tinggi, tentu sekolah tinggi itu diharapkan mampu bersaing dengan perguruan tinggi negeri keagamaan lainnya dengan meningkatkan mutu dan kualitas pendidikannya.

"Ke depan saya berharap STAKatN ini akan semakin berkembang dan mencetak tenaga pendidik yang profesional dan melayani dengan sepenuh hati. Menjadikan generasi muda Katolik yang 100 persen Indonesia, 100 persen Katolik," kata Karolin. 


(U.KR-RDO/M029)

Pewarta: Rendra Extora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017