Ketapang (Antara Kalbar) - Ratusan peserta mengikuti Lomba Mancing Perorangan se-Kabupaten Ketapang yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan setempat di Pulau Cempedak, Kecamatan Kendawangan.
    Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata Kabupaten Ketapang Sonelie mengatakan mereka berasal dari berbagi klub pemancing seperti di Kota Ketapang, sejumlah kecamatan dan Kabupaten Kayong Utara  yang sebelumnya menyatakan keinginannya untuk ikut lomba.
    Lomba mancing Piala Dinas Pariwisata Perorangan ini dalam rangkaian memperingati Hari Nelayan Nasional yang jatuh pada 6 April lalu. Lomba memancing Perorangan itu diselenggarakan atas kerja sama antara Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ketapang dan masyarakat Pulau Cempedak.
    Lebih jauh Sonelie mengatakan, lomba mancing perorangan ini merupakan agenda Dinas Pariwisata tiap tahunnya dengan lokasi penyelenggaraan dipusatkan di kawasan perairan Pulau Cempedak yang juga menjadi salah satu objek wisata bahari Kabupaten Ketapang.
    "Ini akan menjadi momentum bagi masyarakat, khususnya Kecamatan Kendawangan Ketapang  untuk mempromosikan potensi pariwisata bahari di daerah itu," ujar Sonelie.
    Potensi pariwisata itu tidak hanya berupa keindahan panorama pantai dan bawah laut, khususnya yang ada di kawasan Pulau Cemepedak. Tetapi juga potensi wisata mancing yang belakangan ini semakin banyak diminati wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.
    Sonelie menambahkan, dari penyelenggaraan lomba mancing ini juga diharapkan dapat memberikan kontribusi bagi peningkatan pendapatan masyarakat di daerah itu. "Khususnya masyarakat pesisir dan para nelayan, di antaranya dari penyewaan kapal ikan yang akan digunakan para peserta dalam mengikuti lomba," ujar dia.

Pewarta: John

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017