Pontianak (Antara Kalbar) - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalimantan Barat akan menjadi pendukung utama penyelenggaraan IKBM (Ikatan Keluarga Besar Madura) Expo 2017.

"IKBM Expo 2017 akan dilaksanakan selama tiga hari, 17-20 April 2017 di Pontianak Convention Center (PCC)," kata Plh Kepala Perwakilan BKKBN Kalbar, Gun Jamani di Pontianak, Jumat.

Ia mengatakan dalam kegiatan itu, BKKBN juga akan berperan aktif. Salah satunya dengan menyediakan tempat karantina dan penginapan bagi pemilihan Duta KB Lanceng Praben (Bujang Dare) di kegiatan expo tersebut.

"Kami juga akan membuka satu stand pameran yang akan menyediakan segala macam edukasi dan sosialisasi tentang program-program yang dilaksanakan BKKBN dalam usaha mensejahterakan masyarakat Kalbar," ungkap.

Selain stand, BKKBN juga akan membuka pelayanan pemasangan alat kontrasepsi Keluarga Berencana (KB) gratis bagi masyarakat khususnya yang sudah membentuk keluarga pengunjung expo tersebut.

"Pelayanan pemasangan alat KB ini akan kami lakukan di IKBM Expo 2017. Dan kami yakin hal ini akan efektif dan masyarakat bisa mendapatkan pelayanan itu secara gratis," ujarnya.

Ia menambahkan, pengunjung yang datang di expo itu, tidak hanya dari kalangan masyarakat Madura saja, akan tetapi juga terbuka untuk umum.

Sementara itu, Ketua Umum Pelaksanaan IKBM Expo 2017, Nagian Imawan mengatakan, kegiatan IKBM Expo 2017 juga akan dimeriahkan berbagai acara, mulai dari pemilihan Duta KB Lanceng Praben juga akan diselingi dengan pekan budaya khas Madura.

Menurut dia, kriteria pemenang Duta KB Lanceng Praben, yakni mengenai kesejarahan kemaduraan dan keluarga berencana, dan lainnya yang akan dilakukan seleksi ketat terhadap 52 peserta, serta juga akan digelar seminar.  

(A057/I006)

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017