Pontianak (Antara Kalbar) - Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, Ketut Sukarja mengatakan pada tahun ini fasilitas kesehatan di daerah perbatasan ditingkatkan seperti di Puskesmas Paloh, Temajuk dan Sajingan.

"Peningkatan fasilitas kesehatan yang dilakukan sebagaimana arahan dari Pemerintah pusat melalui Kementerian Kesehatan," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ketut menjelaskan bentuk peningkatan fasilitas kesehatan tersebut mulai dari renovasi, pengembangan dan penambahan ruangan.

"Untuk renovasi dilakukan di Puskesmas Paloh. Kemudian penambahan ruangan itu di Puskesmas Sajingan," kata dia.

Ia menambahkan selain pembangunan fisik fasilitas kesehatan, ketiga Puskesmas tersebut juga akan mendapatkan penambahan masing-masing satu unit mobil ambulans.

"Sekarang kan sudah ada satu ambulan dan di tahun ini ketiga Puskesmas tersebut mendapatkan tambahan satu unit ambulan, jadi nantinya masing-masing akan memiliki dua unit ambulan," terangnya.

Lanjutnya, selain di tiga Puskesmas perbatasan, ada juga satu Puskesmas yang akan mendapat masing - masing satu unit ambulan yakni Puskesmas Semparok.

Terkait tenaga kesahatan ia menyebutkan untuk tahun ini di dinas belum dianggarkan. Hanya saja sebutnya, untuk penambahan tenaga kontrak, itu tergantung dari kemampuan Puskesmas masing-masing.

"Untuk penambahan tenaga kontrak itu diserahkan ke masing-masing Puskesmas. Puskesmas itu sesuai kemampuan dan kebutuhannya," kata dia.

(U.KR-DDI/B008)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017