Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Kubu Raya, H Rusman Ali, menyerukan masyarakat yang berada di kabupaten ini tetap menjaga keutuhan NKRI yang Bhinneka Tunggal Ika.

"Kondisi kamtibmas khususnya di Kabupaten Kubu Raya saat ini kondusif, namun atas nama Pemerintah Daerah saya mengimbau seluruh komponen masyarakat serta stakeholder lainnya selalu menjaga dan merawat suasana damai dan rukun antarumat beragama serta menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika," katanya di Sungai Raya.

Menurutnya, hal itu sangat penting demi terciptanya suasana damai dan rukun antarumat beragama dan orang bersaudara.

Dirinya juga mengajak masyarakat Kubu Raya untuk terus mengutamakan kearifan lokal berbasis kebudayaan, yakni `Ursia-Urlima` yang mengarah kepada falsafah hidup "orang bersaudara" baik antara individu, antar kampung ataupun antar umat beragama, dimana ada rasa saling membutuhkan dalam keharmonisan untuk kebaikan serta kesejahteraan bersama.

"Saya berharap masyarakat di daerah ini tak terpengaruh berbagai isu negatif ataupun situasi dan kondisi yang berkembang di wilayah lain saat ini," katanya.

Dia juga meminta masyarakat untuk tidak menyampaikan atau memposting berita-berita tak benar ataupun belum dipastikan kebenarannya, baik secara lisan, tulisan maupun elektronik ataupun teknologi informasi lainnya.

"Jika sembarang memposting berita hoax apa lagi berbau SARA hal itu tentu menyebabkan terganggunya keamanan masyarakat. Untuk itu, mari kita jaga kebhinnekaan di Kabupaten Kubu Raya tercinta ini dengan filosofis `kejargariaan kita," tuturnya.

Dijelaskan, kabupaten ini tanpa ada berbagai suku dan agama, maka bukanlah menjadi Kabupaten Kubu Raya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017