Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Bupati Sambas, Hairiah mengajak para orang tua di Sambas untuk memantau anaknya saat berinteraksi di media sosial melalui jaringan internet.

"Saat ini perkembangan teknologi dan arus informasi sangat deras dan tak terbatas. Hanya dengan klik langsung terakses ke dunia maya. Bagi kita orang tua dapat mengontrol anak-anak untuk lebih mengingatkan dalam penggunaan yang lebih bijak lagi," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Hairiah juga menekankan orang tua bukan hanya mengontrol anak namun harus bisa menjadi contoh dan suri tauladan kepada anak-anaknya terutama dalam penggunaan gadget dalam kehidupan sehari-hari.

"Anak-anak kita tentu akan mencontoh apa yang dilihatnya terutama tentang penggunaan gadjet. Kita sebagai orang tua juga terkadang memberikan contoh penggunaan yang berlebihan apalagi di depan anak-anak kita. Coba kita lihat dalam suatu kegiatan pertemuan antar teman dan keluarga, kita juga pada sibuk dengan gadget masing-masing,"kata dia.

Kembali ia mengingatkan sebagai orang tua juga harus bisa memanfaatkan teknologi dengan baik agar bisa memberikan contoh kepada anak-anaknya.

"Sebagai orang tua kita mesti memberikan contoh kepada anak-anak kita, secara tidak langsung anak akan mencontoh apa yang kita lakukan, dan usahakan juga mengontrol apa saja yang diakses anak kita. Jangan lengah dan perlu juga selalu mengingatkan ke anak tentang bahaya di dunia maya. Apalagi kejahatan yang sering timbul dari dunia maya," terangnya.

Pada sisi lain, Hairiah tidak memungkiri dengan teknologi dan informasi akan mendorong pengetahuan dan menambah wawasan seseorang. Hanya saja kata dia harus mengedepakan kebijaksanaan dan asas manfaat yang baik.

"Bijak menggunakan teknologi, bijak menggunakan medsos dan selalu berbuat hal yang positif," kata dia.

(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017