Sanggau (Antara Kalbar) - Bupati Sanggau Paolus Hadi S Ip, M Si sangat mendukung pembangunan agama sejak dini.
    "Inilah modal kita, untuk membangun Sanggau harus dimulai dari masa anak-anak. Mereka harus cerdas dalam bidang agama. Dan  mereka harus bisa memaknai agama dengan benar," ujarnya, saat menghadiri peringatan Nuzullul Quran 1438 Hijriyah di Masjid At-Taqwa, Kelurahan Sungai Sengkuang, Rabu lalu.
    Untuk itu, orang nomor satu di Kabupaten Sanggau ini, mendukung langkah Kementerian Agama untuk melakukan pendataan TPA/TPQ yang ada di Kabupaten Sanggau.  "Nah, sebagai pemerintah, kami bertekad mendorong terus agar Kabupaten Sanggau maju dan terdepan dengan seven brand image Sanggau berbudaya dan beriman. Sanggau ini akan lebih baik, kalau kita bersama. Sebab, Kabupaten Sanggau ini milik kita bersama," ungkap dia.
    Hadi menyambut baik, kegiatan yang diselenggarakan oleh Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kabupaten Sanggau tersebut. Sebab, melalui PHBI inilah kegiatan hari besar umat Islam bisa terkoordinir dengan baik.  "Selama saya menjadi Bupati, PHBI telah menunjukan eksistensinya kepada umat Islam. Untuk itu saya mendukung PHBI sampai ke kecamatan-kecamatan bahkan desa serta dusun," ujarnya.
    Hadir dalam kesempatan itu, Ketua PHBI Sangau, Hadi Sudibjo, Kepala Kantor Kementrian Agama Sanggau M Taufik, Waka Polres Sanggau Kompol Edwin Saleh, Kasdim 1204 Sgu Mayor Inf Rendra Satrio Wibowo, pimpinan BAZNAS Indra, Ketua Masjid At-Taqwa yang diwakili Yunus M Bashori, para Kepala SKPD, Kapolsek Kapuas, Camat Kapuas serta para tokoh agama dan tokoh Muslim di Kota Sanggau.
   Peringatan Nuzulul Quran kali ini mengangkat thema dengan peringatan Nuzulul Quran kita wujudkan masyarakat beradab yang menjunjung tinggi nilai-nilai Alquran untuk menuju masyarakat madani.
    Ketua Masjid At-Taqwa yang diwakili Yunus M Bashori menjelaskan peringatam Nuzulul Quran merupakan peringatan yang sangat penting bagi umat muslim di bulan Ramadhan. Ia menyampaikan ucapan terimakasih kepada PHBI yang telah menjadikan masjid At-taqwa sebagai tempat peringatan Nuzulul Quran di Kabupaten Sanggau. Pada kesempatan itu, Yunus menyampaikan tentang kondisi masjid At-Taqwa yang pada tahun ini mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau sebesar Rp80 juta.
    "Kami atasnama pengurus masjid beserta jemaah dan masyarakat Sungai Sengkuang menyampaikan terimakasih kepada pemerintah daerah yang telah membantu pembangunan masjid At-Taqwa," ujar dia.
   Ketua PHBI Sanggau, Hadi Sudibjo menyampaikan terima kasih kepada Bupati Sanggau beserta rombongan dan Forkompinka yang sudah hadir memenuhi undangan PHBI.
    Saat itu, Hadi Sudipjo juga juga memperkenalkan susunan pengurus PHBI Kabupaten Sanggau terutama kepada Bupati. Kepala DPKAD Sanggau itu juga menjelaskan kegiatan PHBI pada Idul Fitri. Untuk shalat Id akan dipusatkan di halaman Kantor Bupati Sanggau. Sementara untuk malam takbiran tdak ada perlombaan pawai. Kendatipun, tidak ada lomba pawai takbir biasanya pengendara tetap meramaikan malam pergantian bulan ramadhan ke bulan syawal tersebut.
   Sementara, Kepala Kantor Kementrian Agama Sanggau, M Taufik menyampaikan beberapa hal yang patut direnungkan umat Muslim, pertama adalah Alquran mukzizat bagi umat Muslim. Kedua, Alquran sebagai petunjuk orang yang bertaqwa dan tidak boleh diragukan lagi kebenarannya. "Ketiga, dengan Alquran hidup kita tenang dan terang benderang. Ke empat, Alquran adalah kitab Allah SWT setelah Taurat, Zabur dan Injil yang diturunkan melalui para rasul," ujarnya.
    Untuk tausyiah disampaikan Ustazd Imam Rasidin menyampaikan manusia yang tidak menggunakan agama tidak akan menemukan ketenangan. Sebab, agama adalah naluriah manusia yang bisa membuat jiwa tenang.
    "Kenapa? Karena ketika kita mendapatkan kenikmatan kita pandai bersyukur sehingga terasa kenikmatan itu, itulah agama yang mengajarkan kebaikan," pungkas dia.

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017