Sanggau (Antara Kalbar)- Bupati Sanggau Paolus Hadi  S Ip, M Si mengajak warganya untuk hidup sehat agar tidak mengeluarkan biaya tambahan guna pengobatan yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun.
   
"Bagaimana masyarakat bisa hidup sehat. Sehingga tidak banyak orang sakit. Kesehatan itu mahal harganya. Nah, ini jelas perlu partisipasi masyarakat, tidak semata-mata hanya urusan Dinas Kesehatan dan Pemkab Sanggau," ungkap Hadi saat meresmikan Puskesmas di Kecamatan Kembayan.
   
Untuk itu, kata Hadi, masyarakat diminta agar selalu menjaga kesehatan dengan pola makan yang teratur dan sehat serta selalu berolahraga.
  
"Tapi tak mungkin juga masyarakat sehat semua, tidak ada orang sakit sama sekali sehingga Puskesmas ini pasiennya kosong," ujar dia.
   
Pelayanan sebuah Puskesmas tambah Hadi, harus yang terbaik dan standar karena harus diakreditasi yang bisa membuat seluruh masyarakat di Kabupaten Sanggau merasa nyaman.
  
"Ini juga upaya kita, guna mendukung untuk perwujudan Sanggau Sehat dengan indikatornya masyarakatnya yang sehat," ujar dia.
  
PH sapaan karib pria ini menambahkan, dengan fasilitas rawat inap puskesmas yang terbatas lantas jangan dianggap tidak cukup untuk melayani pasien. Untuk itu, pola  dan cara berpikir, menganggap dengan fasilitas rawat inap yang masih terbatas cukup untuk melayani pasien.
  
"Artinya masyarakat Kembayan sehat, dan sebaliknya, jika fasilitas tidak cukup artinya banyak masyarakat yang kurang sehat. Dan saya tahu fasilitas Puskesmas ini belum lengkap, termasuk rawat inapnya masih terbatas. Ya setidaknya bisa menolong pasien di Kembayan tanpa harus jauh-jauh merujuk ke Sanggau," ujar Paolus Hadi.
   
Kedepannya Puskesmas ini akan dilengkapi fasilitas pendukung lainnya. "Saya minta kepada Dinas PU (Pekerjaan Umum) agar mempriotitaskan pembenahan jalan menuju ke Puskesmas agar pertolongan untuk pasien bisa lancar dan tak ada halangan," tutur dia.
  
PH mengimbau pihak Puskesmas agar tetap menjaga bangunan dan kebersihannya serta memberi suasana yang nyaman.   

"Kebersihan serta kenyamanan suasana itu mempengaruhi mood atau semangat seseorang pasien dan bisa memberikan sugesti dalam kesembuhan mereka," ujar Hadi.
  
Sebagai komitmen Pemkab Sanggau menurut Hadi, pada tahun 2017 ini akan membangun tempat pelayanan kesehatan lagi yang diantaranya di Entikong dan Sekayam. "Dana APBD Sanggau tidak banyak, dan butuh pengajuan bantuan ke pemerintah Pusat," kata dia.
   
Pada kesempatan itu, Bupati Sanggau Paolus Hadi S Ip, M Si melaksanakan peninjauan ruangan pada bangunan Puskesmas tersebut didampingi Dandim Sanggau 1204 Letko Inf Herry Purwanto, Kadis Kesehatan dr Jones Siagian M Qih, beberapa Kepala SKPD dan Camat Kembayan.
   
PH juga menyempatkan diri menjenguk dan berbincang singkat dengan pasien rawat inap yang berada di Puskesmas tersebut.

Pewarta: Muhammad Khusyairi/ Christ TCG Humas

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017