Padangpariaman (Antara Kalabar) - Tiga hari menjelang Idul Fitri 1438 Hijriah, Kamis (22/6) terjadwal 12 pesawat berkapasitas besar jenis Airbus A330 akan mendarat di Bandara Internasional Minangkabau di Padangpariaman, Sumatera Barat mengangkut pemudik dari Jakarta.

"Pada hari ini ada 12 penerbangan menggunakan pesawat berbadan lebar mendarat dan berangkat dengan daya angkut 340 sampai 375 penumpang," kata Humas PT Angkasa Pura II Bandara Internasional Minangkabau Fendrick Sondra di Padangpariaman, Kamis.

Ia merinci 12 pesawat berbadan lebar tersebut digunakan oleh dua maskapai yaitu Garuda Indonesia dan Lion Air terdiri atas empat penerbangan reguler dan dua penerbangan tambahan.

Untuk Lion Air ada tiga penerbangan reguler, dan Garuda Indonesia satu penerbangan reguler serta dua penerbangan tambahan, kata dia.

Ia menyebutkan total pergerakan pesawat di BIM dari 15 Juni sampai 11 Juli 2017 diperkirakan mencapai 2.694 pesawat udara dengan rata-rata penumpang harian 19 ribu sampai 21 ribu orang.

Fendrick merinci dari 2.694 pergerakan pesawat baik yang datang maupun berangkat terdiri atas 1.986 pergerakan reguler dan 708 penerbangan tambahan.

"Untuk puncak kedatangan diperkirakan terjadi pada H-3 dan H-2 atau 22 dan 23 Juni 2017," ujarnya.

Airbus A330 merupakan sebuah pesawat terbang jet sipil komersial bermesin ganda jarak menengah hingga jauh berkapasitas besar dan berbadan lebar.

Pada sisi lain guna memaksimalkan layanan bagi pemudik untuk hari puncak pada H-3 disiapkan personel tambahan dari internal untuk pelayanan, dan tambahan dari TNI dan Polri untuk membantu pengamanan.

Selain itu, mengantisipasi puncak arus mudik, untuk pelayanan parkir kendaraan dan keluar masuk , Bandara Internasional Minangkabau mulai mengoperasikan pintu parkir yang telah selesai pengerjaannya dan penggunaan jalan yang telah diperluas.

Pewarta:

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017