Pontianak (Antara Kalbar) - PT ASDPP menyiapkan satu kapal feri khusus untuk mengantisipasi melonjaknya arus mudik dari Kabupaten Kayong Utara, Kalimantan Barat, pada musim Lebaran tahun ini.

Kepala UPTD Pelabuhan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara, Heni di Sukadana, Jumat, mengatakan satu armada khusus mudik Lebaran sengaja dipersiapkan untuk mengantisipasi lonjakan penumpang yang diperkirakan terjadi pada H-3 dan H-2.

Satu kapal ferry yang dipersiapkan oleh ASDP ditempatkan di Pelabuhan Teluk Batang yang khusus dipergunakan untuk angkutan Lebaran dan tidak digunakan untuk angkutan ekspedisi atau muatan lainnya.

Kapal ferry yang disiagakan di Pelabuhan Teluk Batang adalah KMP Gunung Palung.

Kapal ini merupakan kapal pertama yang melayani pelayaran Rasau Jaya-Teluk Batang dan kali ini dipergunakan kembali untuk angkutan khusus Lebaran bagi para pemudik dari Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang menuju Kabupaten Kubu Raya dan Kota Pontianak.

Untuk angkutan mudik itu, ekspedisi sengaja tidak diperkenankan untuk naik di kapal ferry tersebut dan hanya diperuntukan bagi kendaraan roda dua dan beberapa unit mobil pribadi yang bertujuan ke Pontianak.

Di saat bersamaan juga diberangkatkan satu buah kapal ferry milik ASDP yakni KM Semah dan satu unit kapal ferry milik swasta yang juga diperuntukkan bagi angkutan lebaran dan ekspedisi umum.

"Pada hari yang sama juga berangkat beberapa kapal motor tujuan Pontianak dan Rasau Jaya jumlah tersebut diharapkan mampu menampung lonjakan penumpang pada hari raya Idul Fitri tahun ini," kata Heni.

Dengan diberlakukannya satu kapal ferry khusus pemudik diharapkan para penumpang tidak terkonsentrasi pada satu angkutan tertentu yang membuat kapasitas penumpang di kapal tersebut menjadi berlebih yang dapat mengkhawatirkan keselamatan dalam pelayaran.

"Diharapkan masyarakat tidak memaksakan naik di satu kapal yang sudah melebihi muatan dan akan lebih bijak memilih armada yang masih kosong dan relatif aman untuk angkutan Lebaran," imbuhnya.

Pewarta: Doel Wibowo

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017