Pontianak (Antara Kalbar) - Lembaga Pemasyarakatan Kelas II B Singkawang melakukan berbagai persiapan untuk kegiatan kunjungan keluarga warga binaan ke Lapas, saat perayaan Lebaran nanti.

"Salah satu persiapan yang kita lakukan, kita telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk persiapan pengamanan pengunjung yang akan membesuk kerabat dan sanak keluarganya di Lapas selama lebaran Idul Fitri," kata Kepala Lapas Klas II B Singkawang, Sambiyono, Jumat.

Berdasarkan permintaan Lapas, pihak kepolisian Polres Singkawang siap memerintahkan anggotanya siaga untuk melakukan pengamanan selama Idul Fitri.

Menurutnya, meskipun lebaran jam besuk warga binaan akan tetap di buka, namun penjagaan diperketat.

Hal itu dilakukan, agar keluarga warga binaan terutama yang datang dari luar kota Singkawang tidak merasa kecewa.

"Meskipun Lebaran, jam besuk tetap ada. Karena kasihan juga kepada keluarga yang datang dari jauh, apabila kita tutup," ujarnya.

Dikatakannya, untuk jam besok selama lebaran Idul Fitri akan dibuka dari pukul 08.30 - 14.30 Wib.

Sambiyono menambahkan, terkait dengan pengajuan pemberian remisi Idul Fitri, pihaknya sudah mengajukan melalui via online. "Sekarang ini sudah bisa diajukan melalui via online," tuturnya.

Sehingga, dalam waktu dekat ini sudah bisa diketahui berapa orang yang akan disetujui terkait dengan pemberian remisi Idul Fitri.

Namun yang perlu diingat, katanya, syarat utama pemberian remisi bisa diusulkan apabila narapidana yang bersangkutan sudah menjalani masa tahanan minimal 6 bulan dan tidak pernah melanggar peraturan di Lapas.

"Yang jelas sudah kita usulkan semua napi yang sudah memenuhi syarat," katanya.
*

Pewarta: Rendra Oxtora dan Rudi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017