Pontianak (Antara Kalbar) - Sebanyak 35 anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Singkawang, Kalimantan Barat, dijadwalkan mengikuti masa pendidikan dan latihan mulai 25 Juli 2017.

"Ada 35 peserta Paskibra yang lolos seleksi pada 12-14 Juni. Mereka segera mengikuti diklat," kata Tim Penyeleksi dan Pelatih Paskibra Singkawang, Arifin, Selasa.

Menurutnya, 35 peserta dinyatakan lolos oleh tim penyeleksi yang berasal dari Polres Singkawang, Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Singkawang dan Kodim 1202/Skw.

"Dari 35 peserta Paskibra yang lolos, empat di antaranya (dua putra dan dua putri) dikirim ke tingkat provinsi untuk diseleksi," tuturnya.

Dari empat peserta yang dikirim, tiga di antaranya lolos di tingkat provinsi dan seorang dikembalikan ke Kota Singkawang.

"Sementara satu peserta Paskibra Singkawang yang lolos di tingkat provinsi terpilih menjadi cadangan Paskibraka di tingkat Nasional," katanya.

Karena dari dua peserta SMA terbaik yakni SMA Taruna Kubu Raya dan SMAN 2 Singkawang, bahwa berdasarkan hasil di tingkat provinsi, SMA Taruna Kubu Raya yang dibawa ke tingkat Nasional.

"Sedangkan untuk peserta dari SMAN 2 Singkawang dijadikan cadangan," terangnya.

Menurutnya, 35 peserta Paskibra Singkawang mulai mengikuti pendidikan dan latihan (Diklat) selama sebulan penuh, yang dimulai dari tanggal 25 Juli 2017.

Adapun tahapan pendidikan dan latihan itu nanti, terangnya, para peserta diwajibkan untuk mengikuti latihan PBB, karantina, renungan jiwa, dan pengukuhan.

(KR-RDO/A013)

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017