Pontianak (Antara Kalbar) - Gubernur Kalimantan Barat, Cornelis, Kamis, meresmikan Samsat "Drive Thru" guna memudahkan masyarakat yang akan membayar pajak kendaraan di provinsi itu.

"Kami berharap dengan diresmikannya Samsat Drive Thru ini, maka masyarakat yang akan membayar pajak kendaraannya semakin mudah, sehingga PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari pajak kendaraan semakin meningkat," kata Cornelis seusai meresmikan Samsat Drive Thru di halaman Museum Negeri di Jalan Ahmad Yani, Pontianak.

Ia menjelaskan, para wajib pajak yang hendak membayar pajak kendaraannya, baik sepeda motor maupun mobil, tidak perlu turun dari kendaraan lagi.

"Mereka bisa langsung mengarahkan kendaraannya tepat di depan loket dan membayar pajaknya dengan menyerahkan STNK dan notis pajak," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono yang turut menghadiri peresmian Samsat Drive Thru, menyambut baik dibukanya loket pembayaran pajak kendaraan tersebut.

Dengan demikian, kata dia, masyarakat diberikan alternatif dan kemudahan dalam membayar pajak kendaraannya. "Ini salah satu inovasi yang inovatif. Di Samsat Drive Thru ini wajib pajak tidak perlu turun dari kendaraan, tetapi dari dalam kendaraan mereka bisa langsung membayarnya di loket," ujarnya.

Dengan keberadaan Samsat Drive Thru ini, menurut dia, menjadi pelengkap pelayanan publik di Kota Pontianak, terutama untuk pembayaran pajak kendaraan bermotor.

Terlebih, pelayanan publik menjadi salah satu visi dan misi Kota Pontianak sehingga loket pelayanan itu semakin melengkapi layanan publik yang dibutuhkan masyarakat, katanya.

Edi mengimbau dan mengajak masyarakat Pontianak yang memiliki kendaraan bermotor dan telah memasuki jatuh tempo pajak kendaraannya segera membayar pajak. "Apalagi dengan adanya Samsat Drive Thru ini diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal oleh wajib pajak," katanya.

(A057/B012) 

Pewarta: Andilala

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017