Mempawah (Antara Kalbar) - Semarak HUT RI ke-72 tahun 2017 di Kabupaten Mempawah diwarnai dengan lomba gerak jalan. 

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Mempawah dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sebanyak 119 regu peserta dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah atas/sederajat se-Kabupaten Mempawah turut ambil bagian dalam kegiatan itu.

 "Sudah 72 tahun Indonesia merdeka dari penjajahan. Maka kita harus mensyukuri dan mengisi kemerdekaan dengan prestasi dan pembangunan di masyarakat," kata Bupati Mempawah, Ria Norsan saat melepas peserta lomba, Minggu (13/8).

Bupati Ria Norsan menilai lomba gerak jalan tingkat pelajar tersebut  memiliki makna yang dalam. Selain memotivasi kaum muda, pelaksanaan lomba, menurutnya menularkan semangat perjuangan kepada generasi muda di Kabupaten Mempawah.

"Kalau dulu pejuang mengorbankan tenaga, waktu, harta, bahkan nyawa untuk merebut kemerdekaan dari penjajah. Maka dalam momentum HUT RI ke-72 ini kita ingin para pelajar dapat mewarisi dan meneladani semangat pejuang," ungkapnya.

Dengan meneladani semangat para pejuang bangsa terdahulu, dikatakan akan lahir generasi muda yang tangguh. Yakni para pemuda yang siap menghadapi tantangan globalisasi, termasuk ancaman degradasi moral serta dampak negatif lainnya. Dari tangan para pemuda nasib bangsa ditentukan. Bupati Ria Norsan meminta para pelajar sebagai calon pemimpin bangsa harus mempersiapkan diri dengan baik.

"Menjadi tanggung jawab kita sebagai generasi penerus untuk mengisi kemerdekaan dan melanjutkan perjuangan para pahlawan bangsa," katanya.

Lebih lanjut para pelajar diingatkan untuk meningkatkan motivasi belajar. Hal tersebut dinilai penting agar pelajar mempunyai wawasan dan pendidikan yang baik demi mengembangkan potensi yang ada di dalam diri.

"Anak-anak jangan malas-malasan bersekolah. Harus selalu semangat untuk belajar dan menimba ilmu. Patuhi dan turuti perintah guru dan orang tua agar menjadi anak yang baik dan berbakti bagi kedua orang tua, bangsa, dan negara. Saya yakin sebagai generasi muda dan penerus bangsa, kalian akan tumbuh menjadi generasi calon pemimpin bangsa," ujar dia.

Lomba gerak jalan tingkat pelajar yang diikuti 119 regu itu terdiri atas 55 regu SD, 37 regu SMP, dan 27 regu SMA. Turut hadir Ketua PGRI Kabupaten Mempawah Hamzah, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda Olahraga, dan Pariwisata Firman Juli Purnama, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Mempawah Erlina Ria Norsan, dan sejumlah pejabat terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Mempawah.

(Aries/N005)

 

Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017