Sambas (Antara Kalbar) - Desa Sayang Sedayu, Teluk Keramat, mendeklarasikan sebagai desa layak anak menyusul dua desa sebelumnya yang ada di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat itu.

"Komitmen mewujudkan desa layak anak di Sayang Sedayu ini bukan ingin ikut-ikutan. Apa yang kita deklarasi tersebut membuktikan bahwa sudah ada kepedulian untuk memenuhi hak-hak anak," ujar Kepala Desa Sayang Sedayu, Julendi saat dihubungi di Sambas, Selasa.

Julendi mengatakan komitmen yang dibangun tersebut akan mulai dengan langkah-langkah yang sederhana dan dengan apa yang bisa lakukan seperti membuat regulasi terlebih dahulu.

"Kita bersyukur upaya mewujudkan desa layak anak ini mendapatkan dukungan banyak pihak, mulai dari Pemerintah Kabupaten Sambas hingga organisasi WVI Sambas," kata dia.

Ia berharap komponen masyarakat Desa Sayang Sedayu turut memberikan dukungan terhadap upaya Pemerintah Desa yang peduli terhadap anak.

"Kita menginginkan, lahirnya kesadaran dan pemahaman yang benar terhadap upaya pemenuhan hak-hak anak Desa Sayang Sedayu. Kita harapkan para orang tua jadi lebih mengetahui dan mengimplementasikan apa yang seharusnya diberikan kepada anak sebagai aset keluarga dan bangsa," harapnya.

Sebelumnya, sudah ada dua desa di Sambas yang mendeklarasikan desa layak anak. Desa tersebut yakni Desa Sebagu Kecamatan Teluk Keramat dan Desa Santaban Kecamatan Sajingan Besar.
 
(KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017