Pontianak  (Antara Kalbar) - Canon melalui Datascrip selaku distributor di Indonesia mengklaim telah mengukuhkan posisisnya sebagai pemimpin pasar printer inkjet di Indonesia selama 18 tahun berturut-turut.

"Berdasarkan data IDC yang disampaikan pihak Canon Singapore Pte. Ltd ke Datascrip, bahwa hingga Q1 2017, pangsa pasar printer inkjet Canon di Indonesia masih unggul sebesar 60 persen untuk printer fungsi tunggal, 38 persen untuk multifungsi dan secara overall mencapai share 48 persen untuk keseluruhan inkjet printer," ujar Division Manager of Canon Consumer System Product Division Datascrip, Monica Aryasetiawan di Pontianak, Rabu.

Monika mengatakan perjalanan dan pencapaian Canon, khususnya untuk produk printer inkjet di Indonesia selama ini tidak lepas dari kepercayaan yang telah diberikan pelanggan.

"Kami berkomitmen menjaga kepuasan pelanggan mulai dari menghadirkan produk-produk berkualitas sesuai dengan kebutuhan masyarakat, hingga memberikan layanan purnajual yang prima," kata dia.

Ia menyebutkan bahwa sejak 1985, Canon menciptakan BJ-80 dengan teknologi inkjet termal pertama di dunia (bubble jet) yang menjadi dasar pengembangan printer inkjet.

Selanjutnya pada 1990, Canon meluncurkan printer portable pertamanya di Indonesia, yaitu Canon BJ-10. Printer seukuran notebook yang menggabungkan tangki tinta dan print head menjadi satu.

"Pada tahun-tahun selanjutnya Canon konsisten mengeluarkan jajaran printer, antara lain pada tahun 1993 Canon meluncurkan tipe BJC800, printer warna ukuran A3 yang pertama dengan individual ink tank. Periode 1985-1999 Canon sudah meluncurkan 11 tipe printer inkjetnya," kata dia.

Ia menambahkan pada 2003, Canon memulai debutnya di Indonesia untuk seri printer inkjet all-in-one, dengan fungsi cetak, scan,copy dan fax. Berbagai tipe printer lainnya mulai dari portable printer, desktop printer A4 sampai dengan A3+, photo printer dan juga office printer disediakan Canon untuk memenuhi kebutuhan cetak yang beragam.

"Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi dan tentunya kebutuhan masyarakat Indonesia, di tahun 2011, Canon meluncurkan seri PIXMA Ink Efficient E500, yang menjawab kebutuhan cetak dengan harga kartrid yang ekonomis dan bisa mencetak hingga 800 lembar. Kemudian pada 2016, Canon meluncurkan 4 seri ink efficient printer G series, yaitu printer infus yang dapat mencetak hingga ribuan lembar, yaitu G1000, G2000, G3000 dan G4000," paparnya.

Menurutnya keberhasilan Canon menjadi brand printer yang dipercaya oleh masyarakat juga dibuktikan melalui berbagai penghargaan, seperti Top Brand Award, Customer Loyalty Award, Indonesia Customer Satisfaction Award, Indonesia Best Brand Award, hingga penghargaan yang diberikan untuk layanan purnajual yaitu Service Quality Award.

"Sebagai rasa terima kasih kepada masyarakat Indonesia, mulai periode 15 Juli-25 Agustus 2017, kami memberikan gratis T-Shirt Budaya Nusantara edisi Minangkabau untuk setiap pembelian Canon Pixma Ink Efficient E410. Diharapkan kesempatan promo ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat yang memerlukan printer hemat, efisien dan berkualitas. Promo ini didapatkan di toko-toko komputer yang berpartisipasi," katanya.



(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017