Pontianak (Antara Kalbar) - Sejumlah kelompok pemuda Sambas yang terdiri dari HMI Cabang Sambas, Korps Alumni Poltesa, PMI Sambas, Perisai Poltesa, Korps Suka Relawan Poltesa dan berbagai aktivis kepemudaan lainnya menggelar aksi solidaritas peduli Rohingya di Tugu Tabrani, Sambas.

"Aksi kemanusian yang dimulai sejak pukul 14.00 WIB tersebut bertujuan untuk membantu sesama umat muslim yang tertimpa musibah di negara kelahiranya di Myanmar," ujar Koordinator Aksi, Nur Eko saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Eko menambahkan bahwa sebagai manusia terutama sesama umat muslim harus membantu saudara yang terkena musibah. Menurutnya muslim dan muslim adalah bersaudara jika salah satu muslim tersakiti maka yang lain juga merasakannya.

Menurutnya, dalam aksi peduli Rohingya peserta juga mengumpulkan dana dari pengendara yang melintas dan selanjutnya untuk dana yang terkumpul tersebut dikirimkan bagi pengungsi Rohingya.

"Kita juga mengumpulkan dana yang nantinya akan dikirimkan untuk pengungsi Rohingya. Untuk pengempulan ini kami bagi menjadi tiga wilayah selain bundaran Tugu Tabrani, aksi serupa juga digelar di Pasar Sambas dan pertigaan Desa Dalam Kaum," kata dia.

Eko berharap dengan aksi yang ada bisa memotivasi masyarakat Sambas untuk selalu membantu sesama yang sedang ditimpa musibah.

"Semoga dengan adanya kegiatan ini masyarakat Sambas lebih peduli dengan sesama. Setelah aksi hari ini besok subuhakan kita akan adakan solat subuh berjamaah dan Qunut Nazilah yang tujuannya untuk mendoakan muslim di Rohingya," paparnya.
(U.KR-DDI/B008)

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017