Singkawang (Antara Kalbar) - PT PLN Area Singkawang meluncurkan sekaligus memasarkan aplikasi layanan bergerak yang bisa diunduh melalui APP Store pada ponsel pintar Android pelanggan.

"Peluncuran sekaligus pemasaran aplikasi PLN Mobile ini adalah dalam rangka memperingati Hari Pelanggan Nasional pada bulan September 2017," kata Manajer PLN Area Singkawang, Sumarsono di Singkawang, Minggu.

Menurut dia, dalam pemasarannya, pihaknya langsung bertemu dengan pelanggan di pusat-pusat keramaian seperti Pasar Beringin, Taman Burung dan Pasar Sakok.

Di samping itu, pihaknya juga mengunjungi para pelanggan Bisnis, Industri dan Sosial di Kota Singkawang.

"Kunjungan ini merupakan layanan kami kepada pelanggan. Dengan mendatangi pelanggan secara langsung untuk mendengar dan menerima masukan berupa kritik, saran dan harapan dari pelanggan untuk perbaikan layanan PLN ke depan," ujarnya.

Meski kondisi PLN Singkawang saat ini telah surplus sekitar 100 MW, lantaran dipasok dari Sistem Khatulistiwa, namun kunjungan tersebut juga bertujuan untuk memastikan kualitas pasokan listrik dan layanan PLN selama ini.

Sumarsono mengakui komposisi pelanggan untuk wilayah Area Singkawang umumnya ada sekitar 80 persen yang berasal dari pelanggan rumah tangga. Namun dari sisi penggunaan, katanya, pelanggan Bisnis dan Industri yang lebih dominan.

"Artinya pelanggan ini masih sangat kecil tetapi secara pemanfaatan dan penggunaan listrik lebih banyak digunakan oleh kelompok pelanggan besar seperti Singkawang Grand Mall, Rumah Sakit, Industri Group dan beberapa lainnya," ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama, tim PLN Singkawang yang dipimpin oleh Manajer Rayon Singkawang Kota, Urai Kurnawati membuka Booth PLN Singkawang dan memberikan hadiah cantik dan menarik kepada pelanggan yang mengunduh aplikasi layanan PLN Bergerak.

Para karyawan/karyawati PLN tampak bersemangat memasarkannya kepada para pelanggan yang sendirian menunggu istrinya berbelanja, para pedagang yang menunggu pembeli, ibu-ibu yang baru datang dan akan pulang dari tempat parkir serta bapak-bapak yang sedang duduk bersama ngopi pun tak lepas dari bidikan pemasaran PLN Mobile tersebut.

"PLN Mobile ini memiliki banyak fitur, utamanya pelanggan bisa mengecek tagihan dan riwayat token; permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara, cek status pengaduan dan permohonan, informasi tarif listrik terkini, berita terkini mengenai PLN, info pemeliharaan listrik, dan telepon Contact Center PLN 123 gratis dengan Voice over Internet Protocol (VoIP)," kata Urai Kurnawati.

Sehingga diharapkan dengan pelanggan menginstal dan meregistrasi aplikasi PLN Mobile ini akan terjalin komunikasi dan kedekatan dengan PLN.

Selain itu tim PLN Singkawang juga menyosialisasikan layanan contact center PLN 123 yang mana layanan ini telah memiliki cakupan luas di seluruh Indonesia dengan mengoperasikan sembilan titik lokasi pelayanan untuk memastikan kemudahan akses dan keandalan pelayanan PLN kepada seluruh masyarakat Indonesia dimana pun berada.

"Adapun jenis pelayanan Contact Center PLN 123 adalah untuk keperluan permohonan pasang baru, perubahan daya, penyambungan sementara dan migrasi menjadi pelanggan Listrik Pintar; pengaduan dan keluhan pelanggan; serta informasi produk dan layanan PLN lainnya," jelasnya.

(KR-RDO/A039)

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017