Pontianak (Antara Kalbar) - Bupati Sambas, Provinsi Kalimantan Barat, Atbah Romin Suhaili meresmikan Desa Mekar Jaya di Kecamatan Sajad sebagai kampung KB.


Peresmian itu ditandai dengan pemukulan beduk yang disaksikan Ketua TP PKK, Kadis P3AP2KB Sambas, Perwakilan Polres Sambas, dan Camat Sajad di halaman SD Negeri Mekar Jaya Sajad.


"Kampung KB yang diluncurkan hari ini harus didukung seluruh stakeholder, baik yang ada di Desa Mekar Jaya dan desa-desa se-Kecamatan Sajad," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Rabu.


Atbah juga meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mendukung desa yang telah ditetapkan sebagai kampung KB.


"OPD harus memberikan perhatian pada kampung-kampung KB. Bagaimana program-program pembangunan yang dilaksanakan SKPD bisa menyentuh kampung-kampung KB," kata dia.


Ia menyebutkan Kampung KB harus memiliki perhatian dan komitmen membangun perencanaan pendidikan yang baik bagi generasi muda.


Selain itu, kata Atbah, Kampung KB juga harus membangun perencanaan yang baik bagi kesehatan masyarakat dan pertumbuhan perekonomian.


"Mekar Jaya dan desa-desa lain yang telah berkomitmen menjadi kampung-kampung KB harus menjadi lebih maju ke depannya," kata dia.


Kepala Balai Pelatihan dan Pengembangan BKKBN Provinsi Kalbar Gun Jamani menyebutkan kampung KB adalah kampung yang terencana. Kata dia lagi, kampung KB memiliki keterpaduan dengan program kegiatan yang digelar OPD.


"Karenanya, kampung KB memerlukan dukungan kita semua," kata dia.


Ia memaparkan bahwa kampung KB banyak memiliki aspek positif bagi pembangunan masyarakat. Dia yakin kemajuan yang berarti akan diperoleh masyarakat kampung KB dan sekitarnya.


"Kampung KB ini adalah bagian dari upaya pemerintah melakukan percepatan kemajuan pembangunanan di desa-desa," tutur dia.


Sebagaimana Taman Mini Indonesia Indah (TMII) sebagai miniatur Indonesia, kata dia, maka kampung KB merupakan miniatur program kegiatan pembangunan Sambas secara keseluruhan yang dilakukan tingkat desa.


"Tidak ada dana khusus untuk merealisasikan sebuah kampung KB. Hanya, program kegiatan kampung KB ditopang dari integrasi program kegiatan yang dilakukan OPD. Artinya setiap OPD harus menjadikan kampung-kampung KB sasaran prioritas program kegiatan yang dilaksanakan," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017