Putussibau  (Antara Kalbar) - Kepala Balai Besar Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum (TNBKDS) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Arief mengajak semua pihak menyukseskan pelaksanaan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun (FDSBK), 25-28 Oktober 2017 di Kapuas Hulu.

"Untuk persiapan sudah 90 persen dan sudah beberapa kali dilakukan rapat koordinasi dengan semua pihak terkait," kata Arief di Putussibau, Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Kamis.

Hingga saat ini belum ada perubahan jadwal pelaksanaan FDSBK yang di pusatkan di Lanjak, Kecamatan Batang Lupar, Kapuas Hulu mulai 25 - 28 Oktober mendatang.

Dikatakan ada beberapa persiapan yang memang hingga saat ini sedang dilakukan terutama untuk toilet umum, baik disekitar lokasi kegiatan maupun di sekitar kawasan danau sentarum.

Dirinya berharap semua pihak dapat mendukung dan mensukseskan FDSBK, terutama untuk masyarakat setempat.

"Kepada masyarakat kita minta agar dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada pengunjung, apalagi Kapuas Hulu dikenal sebagai masyarakat yang memiliki rasa kekeluargaan," jelas Arief.

Terkait target pengunjung pada festival tersebut, kata Arief ditargetkan sekitar 10.000 orang, baik pengunjung lokal maupun dari mancanegara.

"Tujuan Festival Danau Sentarum Betung Kerihun itu agar masyarakat luas tahu potensi wisata di Kapuas Hulu, sehingga lebih mengutamakan promosi wisata dan kearifan lokalnya," kata dia.

Selain itu, Arief juga mengatakan pelaksanaan FDSBK itu juga melibatkan masyarakat disekitar kawasan Danau Sentarum dengan tujuan agar masyarakat memperoleh dampak peningkatan ekonomi seperti berjualan dan menyiapkan rumah penginapan serta menjual produk lokal.

"Muaranya yaitu untuk mensejahterakan masyarakat, sehingga dalam FDSBK itu bukan untuk bermabuk - mabukan dengan minuman, namun manfaatnya akan dirasakan langsung oleh masyarakat," jelas Arief.

Apalagi kata Arief, untuk memeriahkan FDSBK itu akan dihibur oleh artis ibu kota yaitu Zaskia Gotik dan beberapa artis lainnya, bahkan FDSBK juga mengundang negara tetangga.



(T.KR-TFT/M019)

Pewarta: Timotius

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017