Pontianak (Antara Kalbar) - Wakil Gubernur Kalimantan Barat, Christiandy Sanjaya mewakili pemerintah setempat menerima formasi PNS lulusan IPDN angkatan XXIII di Balai Petitih, Kantor Gubernur Kalbar di Pontianak.

"Lulusan IPDN XXIII ini ada 89 orang yang terdiri dari lulusan dengan asal pendaftaran dari provinsi lain dan bukan dari asal pendaftaran dari Provinsi, Kabupaten/Kota di Kalimantan Barat," kata Christiandy di Pontianak, Senin.

Dari 89 orang lulusan IPDN tersebut, 12 di antaranya berasal dari Kabupaten Kapuas Hulu, Kabupaten Sintang sebanyak 12 orang, Kabupaten Sanggau 12 orang, Kabupaten Sambas 12 orang, Kabupaten Bengkayang 12 orang serta 7 Kabupaten dan 2 kota lainnya, masing-masing 2 orang

Christiandy berharap agar para lulusan IPDN ini mampu menjadi pilar perekat bangsa, menjadi ujung tombak Pemerintah di pelosok-pelosok negeri.

"Ini merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 78 Tahun 2017 Tentang Penempatan dan Perpindahan Lulusan Institut Pemerintah Dalam Negeri.

Bahwa PNS lulusan IPDN angkatan XXIII Tahun 2016 sebanyak 1.916 orang yang ditempatkan pada Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia serta di Instansi Pusat," katanya

Menurutnya, para PNS lulusan IPDN harus memiliki integritas dan moral yang baik, dan harus siap untuk ditempatkan dan bertugas di seluruh wilayah Indonesia serta dapat mempraktikan ilmu pengetahuan yang diperoleh selama pendidikan dan juga memiliki perilaku dan moral yang baik.

"Saya yakin, masyarakat juga tentu sangat berharap, layanan pemerintah akan semakin baik. Karena, masyarakat tidak akan ragu-ragu untuk mendebatkan atau mengkritik bahkan melakukan protes jika menurut masyarakat layanan yang didapatkan tidaklah memuaskan atau lambat," tuturnya

Meski demikian, kata Christiandy, sebagai aparatur pemerintah, tidak boleh alergi terhadap kritikan, namun jadikan kritik masyarakat tersebut sebagai bahan untuk perbaikan.

"Untuk melaksanakan reformasi birokrasi di lingkungan kalian nanti bertugas, sebab memang sudah merupakan tugas kalian sebagai pamong serta sudah menjadi tugas kalian sebagai abdi negara untuk melayani masyarakat," kata Christiandy.

(KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017