Pontianak (Antara Kalbar) - Satuan Polisi Militer Pangkalan TNI AU Supadio (Satpomau Lanud Supadio) menggelar Penegakan Ketertiban dan Kedisiplinan (Gaktibplin) kepada seluruh anggota.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka HUT Ke-71 POM AU dan sebagai bagian dari penegakan disiplin personel di jajaran Lanud Supadio," kata Komandan Satuan Pomau (Dansatpomau) Lanud Supadio, Letkol Pom Hary M. Ambon di Sungai Raya, Selasa.

Dia menjelaskan, prajurit dilingkungan Lanud Supadio, wajib menjalankan kedisiplinan dalam berbagai hal, khususnya dalam berkendara dan kelengkapan pribadi sebagai seorang prajurit TNI.

"Gaktibplin ini bisa bersifat rutinitas ataupun mendadak. Kita berharap, setiap saat personel Lanud Supadio, dapat disiplin dalam berbagai hal, termasuk dalam berkendaraan," tuturnya.

Menurut Ambon, kasus kecelakaan di jalan raya juga terjadi pada anggota TNI. Untuk itu, secara khusus, Lanud Supadio mengingatkan seluruh anggota supaya tertib berlalu lintas dan selalu berpegang teguh kepada keamanan.

"Kendaraan roda dua maupun roda empat kita periksa, termasuk STNK, SIM, KTA dan surat pajak kendaraan. Kita berharap, anggota bisa tertib dan disiplin, agar tidak jadi masalah lainnya," katanya.

Untuk kelengkapan kendaraan, lanjutnya, seperti kaca spion, lampu sen, lampu utama, plat kendaraan, "safety belt" bagi mobil dan kelengkapan lainnya, juga tidak luput dari pengecekan anggota Satpomau.

"Kepada segenap prajurit, agar selalu berhati-hati dalam berkendaraan. Selalu waspada dalam berkendaraan dan lengkapi diri dengan kelengkapan, seperti surat-surat kendaraan," kata Ambon.

Dirinya menambahkan disiplin anggota akan berimbas pada peningkatan profesionalitas anggota itu sendiri. Dengan adanya kelengkapan dalam berbagai hal, misalnya berkendara, maka anggota diharapkan jadi contoh bagi masyarakat umum, dalam kedisiplinan.

"Seharusnya memang lengkap setiap saat, tidak hanya saat ada Gaktib dari Pomau. Ini lah yang terus kami sampaikan ke anggota, agar mereka bisa menjaga pribadi masing-masing, keluarga dan nama baik satuan," katanya.

(KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017