Singkawang (Antara Kalbar) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Singkawang mengimbau masyarakat Kota Singkawang untuk mewaspadai keadaan menyusul tibanya musim hujan di daerah tersebut.

"Berdasarkan prediksi BMKG Kalbar yang kami lihat tadi pagi, bahwa saat ini beberapa kota yang salah satunya Kota Singkawang sudah mulai memasuki musim penghujan," kata Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Singkawang, Jayadi, di Singkawang, Rabu.

Untuk itu, dirinya mengimbau agar masyarakat Singkawang selalu waspada terhadap ancaman terjadi bencana seperti banjir dan longsor. "Kita imbau kepada masyarakat Singkawang selalu waspada bilamana terjadi bencana seperti banjir dan longsor," ujarnya.

Di samping itu, dia juga meminta agar masyarakat Singkawang segera membersihkan saluran-saluran yang kiranya mulai tersumbat.

"Mana saluran-saluran parit yang sudah tersumbat oleh sampah atau rumput segeralah dibersihkan. Supaya saluran air menjadi lancar," katanya.

Tak hanya itu, dia juga mengimbau agar masyarakat Singkawang dapat membatasi aktivitas di luar rumah. Mengingat prakiraan cuaca sekarang ini tidak bisa di prediksi.

"Yang semula cuaca baik namun secara tiba-tiba menjadi buruk yang disertai dengan angin kencang," ungkapnya.

Tentunya, hal ini sangat membahayakan bagi masyarakat yang sedang beraktivitas di luar rumah.

Menurutnya, hal ini pernah terjadi di Kota Singkawang belum lama ini. Beberapa pohon dan tiang listrik menjadi tumbang akibat angin kencang yang menerpa di Kota Singkawang.

Beruntung, katanya, kejadian tersebut tidak sampai menimpa warga. Karena pada saat kejadian, tidak ada warga yang sedang melintas.

"Jadi mengenai hal ini kami selalu mengingatkan agar masyarakat bisa membatasi aktivitas di luar rumah. Bilamana terjadi angin kencang, sebaiknya cepat-cepat pulang ke rumah," pesannya.

Kemudian, kepada masyarakat yang memiliki pohon yang kira-kira sudah saatnya mau di pangkas segeralah di pangkas. Hal itu diingatkan, guna mengantisipasi hal-hal buruk yang tidak diinginkan.

Dia juga mengingatkan agar para nelayan yang sering berada di laut untuk berhati-hati. Karena melihat dari prakiraan cuaca untuk sekarang ini sebaiknya sangat tidak kondusif untuk masyarakat berada di bukit dan laut.

"Kami dari tim reaksi cepat BPBD Singkawang setiap hari monitor, terlebih kepada cuaca yang tidak bersahabat sekarang ini," katanya.

(KR-RDO/N005) 

Pewarta: Rudi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2017