Mempawah (Antaranews Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mempawah resmi membuka pendaftaran calon bupati dan calon wakil bupati Mempawah 2018 dimana pendaftar pertama dari jalur perseorangan, Rahmad Satria - Ridwan Rusli.
   "Pasangan Rahmad Satria dan Ridwan Rusli ini merupakan pasangan yang mendaftarkan diri sebagai bakal calon bupati dan wakil bupati Mempawah. Mereka salah satu pasangan yang maju melalui jalur independen atau perseorangan," ujar Kusnandi.
    Dalam proses pendaftaran bakal calon perseorangan Rahmad Satria-Ridwa Rusli, sedikitnya terpantau ratusan pendukung dari kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati turut serta menggiring kedua pasangan untuk maju dalam perhelatan pilkada 2018 Kabupaten Mempawah.
    Di kantor KPU Mempawah itu ratusan pendukung Rahmad Satria- Ridwan Rusli optimistis kedua bakal calon yang diusung mereka melalui jalur independen dapat lolos melenggang dalam perhelatan pilkada Mempawah 2018.
    "Kami optimis. Selain mendukung Rahmad Satria-Ridwan Rusli maju dalam pilkada Mempawah, kami masyarakat meyakini kedua bakal calon ini paling layak memimpin Kabupaten Mempawah. Selain berpengalaman, maju dengan ilmu, keduanya sangat amanah dan istiqomah dan mereka berjuang sungguh-sungguh untuk memajukan Kabupaten Mempawah melalui pertarungan pilkada. Proses demokrasi ini harus kita kawal dan kita dukung penuh," ujar Agus, salah satu warga pendukung.
    Dari proses penerimaan pendaftaran bupati dan wakil bupati Mempawah 2018, KPU Mempawah selanjutnya akan melakukan proses penelitian adminitrasi terhadap berkas-berkas syarat yang dilampirkan Rahmad Satria-Ridwan Rusli sebagai syarat/ketentuan. Apabila dikategorikan lengkap pihak KPU selanjutnya akan mengeluarkan surat tanda terima.
    Selanjutnya kedua pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati itu akan diarahkan melakukan pemeriksaan kesehatan. Paling lambat pada tanggal 15 Januari 2018.
    Untuk pasangan calon lainnya pihak KPU diketahui telah berkoordinasi kepada masing masing paslon untuk mempersilahkan bakal calon mendaftarkan diri  ke KPU Mempawah.
    Erlina Ria Norsan-Muhammad Pagi, pada tanggal 10 Januari dijadwalkan akan mendaftarkan diri ke KPU Mempawah melalui dukungan partai politik, termasuk paslon Syech Bandar - Hermanto. Pasangan jalur independen lainnya Rudi Bachtiar-Mochrizal juga dikabarkan akan mendaftar pada tanggal 10 Januari 2018.
    Berdasarkan ketentuan KPU, pilkada Mempawah pendaftaran paslon melalui jalur politik minimal dukungan 20 persen atau 6 kursi di parlemen. Sedangkan jalur perseorangan diharapkan harus melakukan proses perbaikan dukungan paling lambat pada tanggal 20 Januari 2018, dengan syarat angka minimal syarat pendukung sebagaimana yang sudah ditetapkan KPU Mempawah.


Pewarta: Aries Zaldi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018