Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu Lantamal XII Pontianak melaksanakan kegiatan patroli terbatas dalam rangka menjaga kemanan sekaligus mengantisipasi masuknya narkoba lewat jalur laut.

"Ini sekaligus penertiban surat dokumen kapal dan alat tangkap di perairan Muara Kubu Kalimantan Barat," kata Komandan Pos Pengamat TNI AL (Posmat) Muara Kubu Lantamal XII Pontianak Pelda Mes Satuhir saat dihubungi di Pontianak, Selasa.

Pelda Mes Satuhir membawa satu orang anggota dengan menggunakan alusista Kapal Patroli Keamanan Laut (Patkamla) Padang Tikar PAT II-12-1. Kondisi cuaca saat itu berawan, angin barat daya bertiup sedang dan gelombang laut sekitar 0,5 meter hingga satu meter.

Dari hasil pelaksanaan patroli telah diperiksa Kapal Tug Boat (TB) atas nama Dabo 106 yang menggandeng TKG Marine Power 2509 dengan muatan Batu Bara dengan jumlah 4.570,88 Mt.


Kegiatan patroli terbatas dalam rangka menjaga kemanan dan mengantisipasi masuknya narkoba lewat jalur laut (Istimewa)

Kapal tersebut berasal dari PT PLN Batu Bara Jambi dengan tujuan PT PLTU Sanggau Kalimantan Barat. Setelah diperiksa tidak ditemukan indikasi pelanggaran baik dari kelengkapan surat dan jumlah muatan, kemudian kapal diizinkan melanjutkan pelayaran kembali.

Dalam melakukan patroli, Posmat Muara Kubu juga kerap berkoordinasi dengan instansi samping dan Tim Search And Rescue (SAR).

Hal ini tentu agar bisa memberikan pertolongan kepada korban dengan cepat dan secara aktif terlibat dalam aksi tanggap bencana maupun penyelamatan di wilayah perairan Muara Kubu Kalimantan Barat.



(T.T011/A039)

Pewarta: Teguh Imam Wibowo

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018