Sambas (Antaranews Kalbar) - Ketua Umum Generasi Penggerak Pertanian (Gegertani) Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat, Sofiandi mengajak pemuda di Sambas, untuk menjadi petani agar keberlanjutan ketahanan pangan terjamin.

"Pemuda Kabupaten Sambas sudah saatnya menyatukan kebersamaan untuk membangun di dunia pertanian. Pemuda sebagai generasi masa depan harus memikirkan keberlanjutan pertanian," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ia menyebutkan saat ini jumlah petani yang tergabung dalam kelompok tani masih didominasi oleh orang - orang usia lanjut. Sedangan untuk kalangan muda sangat sedikit sekali porsinya.

"Ke depan jika hal itu terus terjadi maka tidak mustahil soal pertanian di kita akan menjadi permasalahan. Stok pangan kita akan bermasalah," papar dia.

Pihaknya sendiri papar dia saat ini terus gencar mengajak dan mensosialisasikan ke desa - desa tentang pentingnya kaderisasi dalam dunia pertanian.

Ke depan kata dia Gegertani tetap menjembatani pemuda tani untuk membuka akses yang lebih baik lagi, terutama dalam pemasaran produk pertanian yang dikelola oleh pemuda.

"Dengan semangat sosial organisasi, maka kita dari Gegertani Kabupaten Sambas akan mendampingi kelompok pemuda yang telah kami bentuk selama ini karena kami maunya pemuda Kabupaten Sambas harus mandiri, dan tidak berorientasi bekerja menjadi buruh ke luar negeri," kata dia.



(U.KR-DDI/N005)

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018