Putussibau (Antaranews Kalbar) - Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Imam Riyadi mengatakan pelaksanaan misa Imlek 2659 di Gereja Katolik Hati Santa Maria Tak Bernoda Putussibau, wilayah Kapuas Hulu Kalimantan Barat berjalan aman dan kondusif.

"Warga Tionghoa menyambut tahun baru cina dengan melaksanakan sembahyang atau Misa Imlek di Gereja Katolik Putussibau," kata Imam melalui pesan singkatnya kepada Antara, Sabtu malam.

Dijelaskan Imam, Misa Imlek itu dihadiri sekitar 200 orang pada pukul 07.00 WIB hingga 09.30 WIB, yang di pimpin oleh Pastor Kontradus Hancu, SMM dan dijaga ketat oleh aparat keamanan.

Baca juga: Sembahyang menyambut Imlek 2569

Menurut dia, pengamanan Imlek dan Cap Go Meh di wilayah Kapuas Hulu melibatkan sejumlah pihak termasuk TNI dan Sat Pol PP dan tokoh masyarakat.

"Alhamdulillah, hingga saat ini masyarakat Kapuas Hulu menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama dan mengedepankan rasa kekeluargaan," jelas Imam.

Hanya saja, dikatakan Imam, yang sedikit berbeda dari Imlek tahun ini yaitu bertepatan dengan tahapan Pilkada serentak secara nasional.

Baca juga: Ribuan orang menyaksikan pesta kembang api Imlek

Oleh sebab itu, dirinya meminta seluruh masyarakat untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban.

"Pada tahun politik seperti ini sangat rentan dengan isu - isu yang berkembang, hendaknya masyarakat jangan mudah terpancing dan terprovokasi," imbau Imam.

Selain itu, Imam beserta jajaran juga menyampaikan selamat merayakan Imlek bagi warga Tionghoa yang merayakannya.

Dirinya berharap, keharmonisan di Kapuas Hulu tetap terjaga baik saat pelaksanaan Imlek, Cap Go Meh hingga proses Pilkada serentak, untuk kelancaran pembangunan di wilayah Kapuas Hulu.

Baca juga: TNI/Polri siap amankan Imlek Kapuas Hulu

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018