Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSP3APMD) Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat mengungkapkan pada 2018 ada sebanyak 4.050 Kepala Keluarga (KK) penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di daerah tersebut.

"Penerima bantuan sosial PKH 2018 di Kabupaten Bengkayang ada peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya yang hanya 3.152 KK," kata Kepala Bidang Sosial DSP3APMD Bengkayang, Abeng, saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia menjelaskan untuk PKH tahap pertama telah disalurkan pada 19 Februari lalu. Penyaluran tersebut ke tiga kecamatan yakni Bengkayang, Sungai Betung, dan Capkala.

Baca juga: Bupati Sintang : Bantuan PKH Tidak Tepat Sasaran

"Untuk di Kecamatan Bengkayang ada 200 KK dengan total dana Rp100 juta, Kecamatan Sungai Betung ada 337 KK penerima dengan total dana Rp168,5 juta dan Kecamatan Capkala ada 230 dengan danan Rp115 juta," jelas dia.

Ia menyebutkan untuk pencairan di kecamatan lainnya setelah tiga kecamatan dari 17 kecamatan yang ada di Bengkayang disesuaikan jadwal yang sudah ditentukan.

"Penyaluran dana PKH sebenarnya secara serentak di Indonesia. Namun di Kabupaten Bengkayang ada jadwal tersendiri serta perlu persiapan matang dan sedikit terhambat karena harus menyesuaikan kondisi wilayah kecamatan yang sulit akses transportasi seperti wilayah Kecamatan Sungai Raya, Siding dan Suti Semarang," papar dia.

Baca juga: Pemkab Sambas Komitmen Awasi Penggunaan PKH

Satu di antara penerima PKH, Antonius mengaku bantuan yang ada ia peruntukan dalam pembiayaan keperluan sekolah anaknnya.

"Uang ini saya fokuskan saja untuk keperluan sekolah anak saya seperti membeli peralatan sekolah, buku, pakaian, dan lainnya. Bantuan ini tentu membantu dan berarti bagi kami," jelas dia.

Baca juga: Mensos Pantau PKH Tiga Kabupaten di Kalbar

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018