Pontianak (Antaranews Kalbar) - Direktur Pengembangan Bisnis PT Bursa Efek Indonesia (BEI), Nicky Hogan meresmikan Galeri Investasi BEI di Fakultas Hukum Universitas Tanjungpura Pontianak yang merupakan galeri ke dua yang ada di universitas terbesar di Kalimantan Barat.

"Galeri Fakultas Hukum ini juga merupakan galeri ke-7 di Kalimantan Barat, ke-10 yang diresmikan pada tahun 2018 atau galeri ke-332 yang diresmikan di Indonesia," ujarnya saat peresmian di Pontianak, Rabu.

Ia berharap dengan galeri yang ada bukan hanya sebatas pada edukasi soal pasar modal namun juga praktik langsung demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Baca juga: BEI resmikan galeri investasi di Kubu Raya

"Apalagi saat ini dari total investor di pasar modal lokal yang umurnya dari 17 - 30 tahun memiliki porsi 30 persen. Artinya anak muda dan mahasiswa adalah tulang punggung di pasar modal di masa mendatang dan itu harus terus diperkuat," papar dia.

Ia menyebutkan pasar modal di Indonesia kian berkembang dan terus mengalami pertumbuhan yang signifikan. Saat ini menurutnya jumlah investor di Indonesia sudah mencapai 1,1 juta investor.

"Transaksi di pasar modal saat ini per hari sudah mencapai Rp9 triliun. Untuk target jumlah investor hingga akhir tahun ini yakni sebanyak 750 ribu investor," jelas dia.

Baca juga: BEI Tambah 100 Persen Galeri Investasi Syariah

Baca juga: BEI Tambah Galeri Investasi di Pontianak

Menurutnya untuk literasi dan iklusi tentang pasar modal melalui "Yuk Nabung" saham pihaknya terus dengan gencar melakukan upaya-upaya untuk hal tersebut.

"Termasuk kita membuka galeri investasi. Tahun ini kita targetkan ada sekitar 400 galeri ada di Indonesia. Saat ini galeri bukan hanya di perguruan tinggi saja namun di desa-desa sudah ada. Bahkan ada pangkalan ojek dijadikan galeri investasi," papar dia.

Sementara itu Dekan Fakultas Hukum Untan, Syarif Hasyim Azizurrahman menyambut baik kerja sama baik dari BEI maupun Nikko Sekuritas sebagai mintranya untuk pembukaan galeri investasi di kampusnya.

Baca juga: Galeri Investasi Mobile Resmi Dibuka

"Tentu ini dapat memberikan atau wadah civitas akademika Fakultas Hukum untuk mengenal lebih jauh tentang pasar modal dan bahkan untuk terlibat menjadi investor di pasar modal tersebut. Ke depan harapan kerja sama terus dibangun," jelas dia.

Baca juga: BEI Resmikan Galeri Investasi STIE Widya Dharma

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018