Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sebanyak 28 replika naga dari berbagai yayasan pemadam sosial warga Tionghoa di Kota Pontianak dan sekitarnya, siap memeriahkan puncak perayaan Imlek 2569, yakni hari kelima belas atau Cap Go Meh di Kota Pontianak, pada Jumat (2/3).

"Sebanyak 28 replika naga tersebut sebelumnya sudah menjalani ritual `buka mata` agar bisa mengusir roh jahat ketika melakukan pawai nanti siang," kata Ketua Panitia Cap Go Meh 2018, Sugioto di Pontianak.

Ia menjelaskan, pawai atau arakan replika naga dimulai dari pukul 13.00 WIN dan berakhir 17.00 WIB. Arak-arakan dimulai dari Jalan AR Hakim di samping Lapangan Keboen Sajoek, kemudian melewati Jalan Pattimura, Gajahmada, Pahlawan, Tanjungpura, dan berakhir di Jalan Diponegoro.

Baca juga: Reflika naga Pontianak ritual "buka mata"

"Kemudian pada malam harinya, masyarakat kembali dihibur dengan `naga bersinar` atau replika naga tersebut dihiasi lampu, sehingga bagian tubuh naga tampak terang oleh gemerlap lampu, yang dimulai dari Jalan Juanda,?menuju Jalan Pattimura dan akan berakhir di Jalan Gajahmada atau tepat di depan Kantor Yayasan Bhakti Suci Pontianak," ungkapnya.

Ia menambahkan, arakan replika naga merupakan puncak dari Perayaan Imlek dan Cap Go Meh. Menurut kepercayaan masyarakat Tionghoa ritual naga sebagai tolak bala, misalnya di sepanjang jalan yang dilalui arakan naga sering terjadi kecelakaan, diharapkan setelah dilewati naga, kejadian serupa tidak terulang.

"Karena dipercaya replika naga yang sebelumnya dilakukan ritual buka mata telah dimasuki roh naga dari kayangan, maka mempunyai kekuatan untuk mengusir roh jahat," ujarnya.

Baca juga: Ribuan Warga Saksikan Parade Naga Karnaval CGM

Dalam kesempatan itu, dia menambahkan, atraksi arakan replika naga pada puncak Cap Go Meh di Pontianak bisa disaksikan lewat aplikasi iVMS-4500 di ponsel berbasis Android.

"Kami sudah bekerjasama dengan Hikline CCTV untuk membantu mempromosikan atau menyiarkan acara Cap Go Meh 2018, sehingga masyarakat bisa menonton secara langsung dari ponsel mereka masing-masing, sehingga bagi teman-teman dari luar yang tidak sempat hadir tetap bisa menyaksikan atraksi replika naga di Pontianak," katanya.

Baca juga: Ritual "Naga Buka Mata" Awali Perayaan CGM Pontianak
   

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018