Bogor (Antaranews Kalbar) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto yang kini sedang mengambil cuti Pilkada 2018 mengatakan bermain catur lebih baik dari pada bermain "game online" melalui gawai.

"Bermain catur sangat baik untuk mengasah kemampuan otak seseorang dalam merancang, dan menyusun strategi, dalam menentukan langkah-langkah selanjutnya," kata Bima saat menghadiri pembukaan kejuaraan Catur Cepat YMCC Cup 2018 di Bogor, Sabtu.

Bima hadir sebagai Ketua Dewan Pembina Catur Kota Bogor. Dengan menggunakan baju batik lengan panjang, politisi PAN ini menyemangati peserta kejuaraan.

Kejuaraan catur cepat YMCC Cup 2018 diikuti 374 pecatur dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Bogor, Jakarta, Bandung, Surabaya, Sumatera, Kalimantan, Papuan dan lainnya.

Baca juga: Bupati Sintang Buka Kejuaraan Catur Tingkat Kabupaten

Menurut Bima mengenalkan catur pada anak usia dini sangat baik membantu mengasah otak dan kemampuan dalam menyusun strategi untuk memenangkan permainan.

Bima berharap permainan catur lebih disenangi oleh warga Kota Bogor terutama anak-anak karena lebih menyenangkan dibandingkan bermain game online melalui handphone.

"Permainan game online atau lainnya memiliki dampak buruk bagi kesehatan dan perkembangan otak anak," katanya.

Baca juga: Vietnam dan Filipina Dominasi Babak Ketiga Kejuaraan Catur ASEAN Japfa 2015

Bima mengapresiasi penyelenggaraan kejuaran catur cepat YMCC yang terus menggelorakan permainan catur di kalangan anak-anak Kota Bogor.

Ketua Panitia YMCC Kota Bogor Satya Bhakti Parikesit mengatakan kejuaraan catur cepat YMCC Cup baru pertama kali digelar di Kota Bogor. Kejuaran berlangsung selama dua hari 31 Maret sampai 1 April 2018.

Ia mengatakan kejuaran ini mempertandingkan tiga kategori untuk tingkat pelajar yakni SD, SMP dan SMA, serta kelas umum dan master.

"Tujuan kejuaraan ini untuk memajukan olahraga catur di Indonesia, sekaligus mempromosikan sekolah catur yang ada di Kota Bogor," kata Satya.Budi Suyanto

Baca juga: Sintang Harumkan Nama Kalbar Lewat Catur
 

Pewarta: Laily Rahmawaty

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018