Sanggau (Antaranews Kalbar) - Bukan hanya pembangunan fisik saja yang dilaksanakan saat TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204 Sanggau di Kecamatan Noyan saat ini. 
    Namun, pembangunan non fisik tak kalah penting dilaksanakan, yang merupakan rangkaian kegiatan tersebut. 
    Salah satu yang dilaksanakan yakni penyuluhan bela negara. Kegiatan ini menyasar siswa klas VIIA SMP Negeri 01 Dusun Entubuh, Desa Noyan, Kecamatan Noyan, pada Jumat (6/4).
    Materi bela negara ini disampaikan oleh Sertu Alex TSA Jab, Bamin TNI Koramil 1204-05/Noyan. 
    Dandim 1204 Sanggau Letkol Inf Heri Purwanto mengatakan penyampaian materi bela negara pada siswa di kelas VIIA SMP 01 Noyan ini, bertujuan untuk memberikan wawasan bagaimana mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara.
    "Menjaga identitas dan integritas bangsa dan negara, melestarikan budaya serta mejalankan nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila dan UUD 1945. Ini merupakan hal pokok yang sangat penting.  Ini tidak boleh terlupakan,  dan selalu tertanam dalam jiwa generasi muda," tegas dia. 

Baca juga: Warga Noyan antusias sambut TMMD

    Kegiatan penyuluhan ini mendapatkan apresiasi dari Kepala Sekolah SMP 01 Noyan, Haidar. Sebab kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat khususnya generasi muda, dirinya adalah warga negara NKRI yang memiliki UUD 1945 dan Pancasila, mempunyai rasa bangga dan cinta tanah air serta rela berkorban demi kepentingan negara dan bangsa.
    "Kita menyambut baik dan memberikan apresiasi atas kegiatan penyuluhan ini. Bagaimana generasi muda yang kita harapkan bisa menjaga NKRI ke depan. Nah, tentunya dengan pemahaman yang benar tentang wawasan kebangsaan tentunya dengan menjunjung tinggi nilai-nilai kebhinekaan," pungkasnya. 

Baca juga: TMMD bangun jalan desa dua kecamatan di Sanggau

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018