Singkawang (Antaranews Kalbar) - Dinas Perhubungan Kota Singkawang menyiapkan Call Center 0811574455 untuk masyarakat dalam hal pengaduan mengenai layanan yang menjadi tugas dan fungsinya.

Kepala Dinas Perhubungan Singkawang, Sumastro mengatakan, melalui Call Center inilah, pihaknya bisa menerima keluhan dan laporan masyarakat untuk ditindaklanjuti oleh petugas Dishub.

"Salah satu layanan yang merupakan tugas Dishub adalah layanan penerangan jalan umum (JPU). Jika seandainya ada pemadaman JPU yang tidak sesuai waktunya maka silahkan masyarakat laporkan masalah ini ke Call Center," katanya di Singkawang, Kamis.

Atau, katanya, terjadi pemadaman dikarenakan persoalan teknis. "Misalkan ada lampu PJU, siang hidup tetapi malam malah mati, hal itu biasanya bisa terjadi dikarenakan timernya tidak berfungsi atau terjadi pemadaman yang diakibatkan adanya instalasi putus," jelasnya.

Tidak hanya itu, Call Center yang disiapkan juga bisa menerima laporan masyarakat mengenai traffic light. "Misalkan ada lampu yang fungsinya tidak optimal atau salah satu ada lampu yang mati, atau mati total, dengan adanya laporan itu maka kita siap melakukan perbaikan," tuturnya.

Karena, bagaimanapun seluruh sarana dan prasarana ini yang berhubungan dengan kelistirikan tentu rawan akan potensi gangguan bisa dikarenakan korsleting listrik atau hal lainnya.

"Layanan lain yang juga masih menjadi ruang lingkup Dishub adalah terkait rambu pendahulu penunjuk jalan, marka jalan hingga rekayasa lalu lintas maupun kejadian kecelakaan lalu lintas yang membutuhkan koordinasi Dishub maka kita akan siap melayani," tuturnya.

Dibukanya pengaduan layanan melalui Call Center ini akan memudahkan pihaknya merespon cepat atas laporan masyarakat.

"Pengaduan melalui Call Center ini kan layanan tidak langsung dalam mengatasi solusi masalah layanan, karena biasanya pengaduan melalui Call Center ini situasi per kejadian di lapangan," katanya.

Sehingga, pengaduan ini menjadi penyempurna layanan langsung yang rutin dilakukan yakni patroli Dishub.

"Selain Call Center kita juga akan rutin melakukan patroli dengan turun ke lapangan langsung, dimana patroli ini dibagi dalam rayon-rayon kerja di wilayah Kota Singkawang," katanya.

Baca juga: 'Call Center' 159 Dibuka Layani Keluhan Telekomunikasi

 

Pewarta: Rendra/Rudi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018