Sanggau (Antaranews Kalbar) - Berbagai pembangunan yang dilaksanakan harus bertahan lama dan teruji. Hal itu yang selalu terpatri dalam dada personel TMMD Regtas ke-101 Kodim 1204 Sanggau Tahun Anggaran (TA) 2018 di Kecamatan Noyan, Kabupaten Sanggau.
    Untuk itu, dalam melakoni pekerjaan yang seberat apapun, personel TMMD tidak mau asal jadi saja. Buktinya, agar ruas jalan yang melintas wilayah Dusun Tukun, Sungai Dangin tidak cepat rusak karena tergerus air nantinya, pada Selasa (24/4) telah dilaksanakan normalisasi sungai di wilayah tersebut.
    Tujuannya guna mengurangi intensitas genangan air dan memperlancar saluran air pada saat hujan.
    Dandim 1204 Sanggau, Letkol Inf Herry Purwanto melalui Perwira Seksi Teritorial (Pasi Ter) Kapten Inf Eko Prasetyo didampingi Perwira Seksi Intel (Pasi Intel Kapten Inf Andri serta Dan Unit Intel Peltu Matheri mengungkapkan, pengerjaan normalisasi tersebut guna meningkatkan kualitas jalan dan gorong-gorong, agar disaat curah hujan yang tinggi, maka kondisi jalan tersebut dapat bertahan lama dan gorong-gorong yang telah dibuat dapat berfungsi dengan normal.
    "Pengerjaan ini agar badan jalannya awet dan air lancar serta tidak tergenang. Nah, pengerjaan ini tidak hanya dikerjakan personel Satgas TMMD dan masyarakat. Namun, juga mengerahkan alat berat jenis exavator. Tujuannya untuk mempercepat pekerjaan sasaran dengan tepat waktu. Selain itu agar masyarakat dapat memaksimalkan waktu untuk kepentingan lainnya," ujar pria dengan tiga balok dipundak ini. 
    Tujuan lain kata Eko, dengan dilaksanakannya normalisasi sungai tersebut, diharapkan masyarakat Dusun Tukun sudah bisa terbebas dari banjir serta genangan air yang sering terjadi disaat hujan turun.
    Diketahui, program TMMD memberikan dampak yang besar bagi masyarakat. 
    Pasalnya, program TMMD membuat desa dapat terhubung ke Kecamatan, karena jalan penghubung sudah diperbaiki sehingga masyarakat bisa dengan mudah melintas menuju ke wilayah lain.
    "Melalui program TMMD ini, kita mampu membantu kepentingan masyarakat di daerah pedesaan dengan harapan perputaran perekonomian masyarakat berubah ke arah yang lebih baik. Apalagi, dihadapkan wilayah Kodim 1204 Sanggau yang berbatasan antara Indonesia dan Malaysia. Maka program TMMD ini sangat membantu masyarakat pedesaan dalam rangka percepatan pembangunan dan perekonomian dari waktu ke waktu," pungkas Eko.

 

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018