Pontianak (Antaranews Kalbar) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Kalbar menggelar Festival Literasi Khatulistiwa (Feliskha) dan melalui kegiatan tersebut momentum untuk mengajak semua pihak untuk gemar membaca.

"Hadirnya kegiatan ini sebagai bentuk komitmen BI untuk meningkatkan gemar membaca bagi masyarakat Kalbar. Dengan membaca SDM masyarakat semakin berkualitas," ujar Kepala KPw BI Kalbar, Prijono saat pembukaan di Pontianak, Jumat.

Ia memaparkan pihaknya yang juga didukung oleh Pemerintah Kota Pontianak dan beberapa pihak lainnya menghadirkan sejumlah rangkaian terkait literasi membaca dan termasuk juga di dalamnya literasi keuangan.

" Kegiatan yang bertema Lestarikan Budaya Baca di Bumi Khatulistiwa ini dirangkai dengan even pameran kreatif, talkshow dan konser musik serta beberapa kegiatan lainnya," kata dia.

Sementara itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalbar, Ignasius saat memberikan sambutan dalam pembukaan Feliskha menyebutkan saat ini literasi dan minat membaca di Indonesia termasuk di Kalbar sangat rendah dan bahkan dari beberapa survei berada di peringkat dua bawah di dunia.

"Persoalan yang ada tentu tugas bersama. Pemerintah sendiri sudah melakukan upaya agar minat baca masyarakat kita meningkat," sebutnya.

Menurutnya dengan kegiatan yang digelar BI tersebut sangat pihaknya apresiasi. Hal itu dikatakan dia sebagai bentuk dan langka untuk meningkatkan minat membaca di Kalbar.

"Kita berharap pihak lainnya mencontohi kegiatan BI agar bangsa kita suka dan gemar membaca untuk kemajuan bangsa Indonesia dan daerah Kalbar," harapnya.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018