Pontianak (Antaranews Kalbar) - Pemerintah Kabupaten Sambas terus berkomitmen untuk memperkenalkan tenun Sambas bukan hanya di dalam negeri namun juga ke luar negeri.

"Tenun Sambas merupakan salah satu kearifan lokal yang harus selalu dilestarikan dan dikembangkan. Dengan lestari selain menjadi ikon daerah kita juga bisa meningkatkan ekonomi penenun itu sendiri. Sehingga kita terus kenalkan di dalam maupun luar negeri tenun Sambas" ujar Wakil Bupati Sambas, Hairiah saat dihubungi di Sambas, Senin.

Hairiah menjelaskan bentuk perkenalan dan promosi tenun Sambas oleh pihaknya seperti melalui pemberian suvenir kepada para tamu yang datang ke Kabupaten Sambas dan juga selalu ikut pameran dalam dan luar negeri.

Baca juga: Tenun Sambas disukai Masyarakat Brunei Darussalam

"Kita telah memperkenalkan tenun Sambas ke Malaysia dan ke depannya kita akan bekerjasama dengan berbagai pihak untuk memperkenalkan tenun tersebut secara luas" papar dia.

Ia menambahkan Pemda Sambas juga mendorong perajin tenun meningkatkan kualitas dan produktivitas tenun bukan hanya motif asli namun variasi motif lainnya.

"Tenun yang asli sudah sangat baik. Apalagi jika dikombinasikan dengan sentuhan-sentuhan baru terutama dari desain. Sehingga tenun ini semakin diminati oleh pembeli," katanya dia.

Baca juga: Kain Tenun Songket Sambas Diminati Masyarakat Kuching

Saat ini papar dia kain tenun Sambas terus dikembangkan tak hanya dalam bentuk kain, namun bisa juga didesain untuk pakaian sehari-hari, kantor maupun dalam acara pesta.

"Dengan semakin beragam dan banyak peminat, tentu juga akan menambah semangat pengrajin tenun. Selain itu daya ungkit perekonomian penenun semakin baik," sebutnya.


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018