Pontianak (Antaranews Kalbar) - Sebuah lampion ketupat raksasa berukuran 3x4 meter disiapkan warga Kota Singkawang untuk memeriahkan pelaksanaan event Ramadhan Fair di kota itu.

"Saat ini pembuatan ornamen lampion ketupat raksasa sudah mencapai 50 persen. Jadi sisanya hanya menunggu bahan datang. Jika bahannya sudah datang, maka selesailah pembuatan ketupat raksasa ini," kata salah satu warga setempat, Zulfian, Jumat.

Disamping membuat ketupat raksasa, warga setempat juga akan membuat lampion berbentuk pasung sebanyak 3 buah.

Baca juga: Kesiapan Pasar Juadah event Ramadhan Fair Singkawang

"Saat ini kerangkanya sudah jadi, cuma tinggal menunggu bahannya saja," ujarnya.

Apabila pengerjaannya sudah selesai, ketiga lampion berbentuk pasung ini akan pihaknya tempatkan di pinggir sungai Kelurahan Jawa.

Sedangkan untuk gapura yang terletak di depan Jl Cempaka, akan warga hias dengan ketupat yang berukuran kecil.

Baca juga: Ramadhan Fair Singkawang siap 80 persen

Dia pun tak memungkiri, jika pendanaan masih menjadi kendala untuk menyelesaikan semua hiasan tersebut.

"Selama ini kita hanya mengharapkan bantuan dari warga Jl Cempaka. Mudah-mudahan bantuan dana yang kita usulkan ke Pemkot bisa disetujui, sehingga kita bisa menyelesaikan semua hiasan ini," ungkapnya.

Kemudian, untuk menyemarakkan event Ramadhan Fair, di sepanjang Jl Cempaka juga akan pihaknya pasangi dengan lampu.

Baca juga: Pasar juadah sambut Ramadhan

"Apa yang kita lakukan hanyalah semata-mata untuk menghidupkan dan mengenalkan tradisi kita kepada generasi-generasi muda agar tidak punah," katanya.

Secara terpisah, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Singkawang, H Muchlis mengatakan, event Ramadhan Fair merupakan kali pertama digagas oleh Pemerintah Kota Singkawang.

"Oleh karena itu, sudah seharusnya kita dukung, karena saya yakin ini merupakan sebuah kemajuan untuk Kota Singkawang dimana Pemerintah bersama masyarakat bersatu untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan," katanya.

Baca juga: Singkawang mantapkan persiapan event Ramadhan Fair

Dia pun meyakini, untuk di Kalimantan Barat baru Kota Singkawang yang sudah memulainya. Sehingga jelas, bahwa inilah yang dikatakan Wali Kota dan Wakil Wali Kota dengan visinya Singkawang Hebat.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018