Singkawang (Antaranews Kalbar) - Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie mengatakan, pihaknya telah menyiapkan pasar Juadah untuk memeriahkan Ramadhan tahun ini.

"Untuk memeriahkan Ramadan Fair yang kita pusatkan di Mess Daerah Singkawang, kita juga sudah menyiapkan Pasar Juadahnya yang akan di tata di sekitar Mess," katanya di Singkawang, Selasa.

Untuk itu, dirinya sudah meminta kepada Disperindag untuk menyiapkan tenda-tenda khusus untuk pedagang Pasar Juadah.

Dia berharap, apa yang dilakukan nanti dapat membuat masyarakat luar seperti Sambas, Mempawah, Bengkayang dan Pontianak berkunjung dan melihat bahkan berkenan untuk berbuka puasa di Kota Singkawang.

Baca juga: Singkawang mantapkan persiapan event Ramadhan Fair

Terkait perayaan Ramadhan Fair Singkawang itu, Tjhai Chui Mie mengimbau masyarakat muslim untuk menghias rumah dan lingkungannya dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan dan hari raya Idul Fitri.

"Kita di Pemerintah Kota Singkawang sudah membentuk panitia Ramadan Fair untuk menyambut dan menyemarakkan bulan suci Ramadan," kata Tjhai Chui Mie, Selasa.

Untuk itu, menurutnya, perlu adanya kerjasama yang baik dari masyarakat khususnya umat muslim untuk memperindah Kota Singkawang pada bulan suci Ramadan.

"Beberapa bulan lalu kita sudah sukses menyelenggarakan even Imlek dan Cap Go Meh," ujarnya.

Baca juga: Kota Singkawang siapkan Ramadhan Fair 1439 H

Kemudian, sesuai visi misi dirinya bersama Irwan akan menjadikan Kota Singkawang sebagai kota pariwisata, maka pihaknya berjanji akan selalu mengadakan even-even yang menarik salah satunya Ramadan Fair guna mendongkrak kunjungan wisata.

"Jadi kepada bapak/ibu mari kita sama-sama mensukseskan acara Ramadan Fair," ajaknya.

Secara terpisah Kepala Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Singkawang, Hendryan mengatakan, dalam rangka menyukseskan Ramadan Fair tahun ini pihaknya akan menata para pedagang Pasar Juadah di salah satu tempat yang sudah disiapkan.

"Kalau sebelum-sebelumnya kan di seputaran Masjid Raya, tapi tahun ini kita kumpulkan di satu tempat yakni di Jl Merdeka," katanya.

Menurutnya, tempat yang disediakan Pemerintah tidak di pungut biaya sepersen pun dan dilengkapi dengan tenda. "Kita siapkan untuk 100 pedagang Pasar Juadah di sepanjang Jl Merdeka," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Pontianak Imbau Pasar Juadah di Tempat Luas

Dia pun menyarankan agar pedagang Pasar Juadah yang biasa berjualan di seputaran Masjid Raya segera memberitahukan atau mendaftar ke Disperindag untuk dilakukan pendataan.

"Karena kita memprioritaskan kepada pedagang yang setiap tahun membuka Pasar Juadah," ungkapnya.

Dimana pendaftaran itu, katanya, mulai dibuka dari tanggal 1-10 Mei. Menurutnya, tempat yang disediakan pula tidak hanya diisi dengan Pasar Juadah, tapi juga diisi dengan pedagang pakaian, assesoris dan diisi dengan kegiatan ibadah.
   

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018