Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Direktur Bisnis PLN Regional Kalimantan Machnizon Masri mengatakan PLN sangat siap untuk mendukung investasi di Provinsi Kalimantan Barat karena andalnya sisi daya dan pelayanan.

"Saat ini PLN dalam memenuhi kebutuhan listrik baik di segmen rumah tangga, bisnis maupun industri kita sudah sangat siap," ujarnya saat "customer gathering" PLN bersama pelanggan dan stakeholder di Pontianak, Selasa.

Meski demikian, pihaknya akan terus memenuhi kebutuhan pelanggan akan energi listrik dan berupaya mempercepat pembangunan infrastruktur kelistrikan di Kalimantan Barat.

"Upaya yang terus dilakukan yakni berupa pembangunan pembangkit, gardu induk, jaringan transmisi hingga jaringan distribusi," papar dia.

Ia menyebutkan khusus untuk sistem kelistrikan Khatulistiwa yang saat ini melayani masyarakat dari Kota Pontianak hingga Kabupaten Sambas dan Bengkayang, serta dari Kota Pontianak hingga Kabupaten Landak dan Tayan berada dalam kondisi prima.

"Total beban di sistem khatulistiwa adalah 411 MW dan daya mampu 543 MW. Dengan daya mampu kita lebih besar daripada beban maka kita surplus daya. Jadi para investor yang ingin menanamkan modalnya di Kalbar saat ini tidak perlu ragu-ragu untuk apapun jenis usaha dan berapapun kebutuhan listriknya," papar dia.

Ia menambahkan dengan surplusnya daya menjadikan PLN juga siap mendukung program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian.

"Tidak ada kekurangan daya yang menyebabkan perlu dilakukannya pemadaman bergilir karena terdapat surplus lebih dari 100 MW. Kondisi ini juga menjadikan PLN siap mendukung program pemerintah untuk meningkatkan perekonomian di provinsi yang kita cintai ini," jelasnya.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018