Sintang (Antaranewa Kalbar) - Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sintang, Sudiyanto mengatakan, persiapan Festival Investasi Bukit Kelam terus berjalan dan telah membagi tugas-tugas kepada masing-masing dinas terkait.
    "Persiapan kita sudah cukup baik sejuah ini," kata Sudiyanto. Dikatakan dia, saat ini persiapan infrastruktur sedang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum, untuk menyiapkan Jalan Lingkar Kelam sampai Jalan Ensaid Panjang. Mereka juga akan melakukan pembersihan terminal yang ada di Desa Kenukut.
    "Keberadaan terminal ini akan kita fungsikan sebagai area panggung hiburan," imbuhnya.
    Sudiyanto menambahkan, Dinas Perhubungan mengerjakan rambu-rambu dan marka jalan, konsep pengaturan perparkiran dan waktu buka tutup jalan selama kegiatan.
     Ada juga kerterlibatan Dinas Lingkungan Hidup menangani kebersihan selama kegiatan berlangsung, dengan menyediakan petugas dan sarana prasarana kebersihan.
    "Untuk toilet dan sanitasi, kita percayakan ke Dinas Pariwisata," ungkap Sudiyanto lagi.
    Kata dia, pihaknya bekerjasama dengan PLN Sintang untuk memastikan agar suplai listrik di sekitar kawasan Kelam Permai tidak mengalami gangguan.
    Wakil Bupati Sintang Askiman mengatakan, waktu untuk persiapan festival tinggal sedikit lagi. "Kita perlu lebih intens untuk mengecek setiap detail persiapan acara kita ini," kata Askiman.
    Dikatakan dia, keberhasilan kegiatan ini sangat tergantung pada kerjasama semua pihak yang terkait. Menurutnya, sangat perlu sinergisitas dari semua OPD terkait. 
    Askiman menyampaikan bahwa daya dukung infrastruktur sangat krusial untuk diperhatikan dengan seksama, seluruh komponen ini perlu dioptimalkan.
    Pemerintah Kabupaten Sintang akan segera menggelar Festival Kelam Hill. Festival yang bertujuan mempromosikan berbagai potensi Kabupaten Sintang pada investor asing ini, akan digelar pada 17 Juli mendatang.
    Dalam Festival Kelam Hill ini, Pemkab Sintang akan menggelar Forum Bisnis dan Business Matching. "Kami mengundang 100 investor dalam dan luar negeri. Dalam Forum Bisnis dan Business Matching nanti, kami akan memperkenalkan potensi yang dimiliki Kabupaten Sintang. Seperti potensi hilirisasi produk, potensi perkebunan, pertanian dan pariwisata," katanya.
    Selain kegiatan Forum Bisnis dan Bussines Matching, juga akan digelar beberapa lomba seperti touring sepeda, lomba lari, lomba burung berkicau, soft gun.

Baca juga: Sintang Akan Gelar Festival Kelam Hill
    Ia berharap Kelam Hill Festival 2018 atau Festival Bukit Kelam dapat memperkenalkan Kabupaten Sintang secara luas hingga kemanca negara.
    Dikatakan dia, Festival Bukit Kelam tahun 2018 mendatang yang baru pertama kalinya dilaksanakan di Sintang, diharapkan mampu mengangkat nama daerah dan mempromosikan dunia pariwisata Kabupaten Sintang.
    Selain upaya promosi, festival diharapkan meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Sintang. Termasuk menarik investor-investor untuk menanamkan modal di Kabupaten Sintang.
    "Ya, nanti ada berbagai tamu yang diundang. Tidak hanya dalam negeri, namun juga luar negeri. Kita berharap ada investor dapat hadir dan menanamkan modal di dunia pariwisata Sintang," harapnya.

 Baca juga: Bupati Paparkan Persiapan Festival Bukit Kelam

Pewarta: Tantra Nur Andi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018