Pontianak  (Antaranews Kalbar) - PLN Area Singkawang mulai mengoperasikan PLTU yang terletak di Tanjung Gundul, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang, Kalimantan Barat.

Direktur Bisnis Regional Kalimantan, Machnizon Masri, di Pontianak, Selasa, mengatakan bahwa pengoperasian beberapa proyek di Kalimantan untuk meningkatkan keandalan pasokan listrik selama bulan suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

"Setelah sebelumnya kita berhasil menyambungkan interkoneksi jaringan transmisi di Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur, kini PLN mengoperasikan satu lagi PLTU di Kalimantan Barat," katanya.

Pembangkit ini, katanya, termasuk dalam proyek pemerintah fast track program 2 (FTP 2) yang pembangunannya dimulai pada Juli 2013 dengan total nilai investasi lebih dari Rp1,3 triliun.

"Alhamdulillah, hikmah di bulan Ramadhan ini kami dapat mewujudkan visi kami untuk membuat Kalimantan benderang," ujarnya.

Pengoperasian satu unit PLTU ini direncanakan akan menambah pasokan daya sebesar 50 Mega-Watt ke Sistem Khatulistiwa.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Singkawang, Tjhai Chui Mie, mengapresiasi upaya PLN dalam mencukupi kebutuhan listrik khususnya di Singkawang.

"Sebagai kota bisnis yang berkembang, banyak investor kita coba ajak untuk berinvestasi di sini," katanya.

Dia pun optimis dengan ketersediaan listrik yang baik investasi juga akan semakin bertumbuh.

 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018