Sanggau (Antaranews Kalbar) - Arus mudik yang melintas di terminal bus kota Sanggau menjelang perayaan Lebaran tahun ini ada peningkatan namun tidak signifikan.
    Secara keseluruhan, ada sekitar 200 penumpang yang menggunakan bis angkutan umum.
    "Baru ada 8 armada bis yang berangkat dengan jumlah penumpang sekitar 200 an orang lah," ungkap Kasi Angkutan Jalan Dinas Perhubungan Sanggau Hawari.
    Menurut Hawari,ada sedikitnya 56 armada angkutan umum untuk mengantisipasi lonjakan penumpang menjelang perayaan Idul Fitri beberapa hari lagi. "Sampai saat ini, arus mudik ramai lancar, belum terlihat lonjakan penumpang yang berlebihan. Jikapun ada lonjakan, kita punya armada yang cukuplah untuk arus mudik," tegas Hawari.
    Selain angkuta umum, pemudik juga lebih banyak yang menggunakan rental khusus serta sepeda motor.
    "Ada angkutan taxi juga. Itu yang kadang susah kita kontrol. Tapi selama ini memang seperti itu, penumpang lebih banyak yang memilih taxi karena mungkin ada AC-nya kali," ungkapnya.
    Untuk mempermudah pelayanan bagi pemudik, Polres Sanggau bersama dinas/instansi terkait telah membangun pos pelayanan (Posyan) terpadu di sejumlah lokasi diantaranya posyan pasar Pujasera Kelurahan Ilir Kota, Posyan Toba, Posyan Tayan Hilir, Posyan Tayan Hulu, Posyan Kembayan, Posyan Sekayam dan Posyan Entikong.

 

Pewarta: M Khusyairi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018