Pontianak (Antaranews Kalbar) - Penerbangan Wings Air dari Bandar Udara Internasional Supadio, Pontianak, Kalimantan Barat (PNK) tujuan Bandar Udara Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat (SQG) telah kembali beroperasi normal .

"Penerbangan itu menggunakan pesawat ATR 72-600 (AT76) registrasi PK-WHF. Pesawat saat lepas landas dan saat pendaratan di Tebelian dan sebaliknya selamat," ujar Corporate Communications Strategic Lion Air Group, Danang Mandala Prihantoro di Pontianak, Rabu.

Lion Air Group menyampaikan klarifikasi terkait operasional di rute tersebut yang mengalami keterlambatan dikarenakan untuk alasan memastikan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Menurut dia, pesawat yang digunakan di penerbangan IW1370 relatif baru dioperasikan di wilayah Kalimantan Barat, dengan pertama kali melayani penerbangan Pontianak ke Sintang.

"Titik koordinat di dalam pesawat masih menggunakan tujuan bandar udara lama yaitu Bandar Udara Susilo, sehingga pesawat mendarat di sana. Sedangkan di dalam rencananya adalah mendarat di bandara yang baru yaitu Tebelian," papar dia.

Ia menjelaskan kembali bahwa seluruh penumpang dan kru dalam keadaan selamat. Pilot beserta seluruh kru telah berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait dalam menjalankan prosedur tindakan berdasarkan standar operasional.

Baca juga: Wings Air Terbang Perdana ke Pehuluan Kalbar
"Penerbangan IW1370 telah lepas landas dari Bandar Udara Susilo dan mendarat di Bandar Udara Tebelian dengan selamat. Sebagai informasi, kedua bandar udara tersebut berada di Kabupaten Sintang," katanya.

Lanjutnya bahwa Wings Air menegaskan pesawat tersebut dalam keadaan aman dan dapat diterbangkan kembali serta seluruh kru dinyatakan memenuhi standar kualifikasi dalam bertugas untuk terbang.

"Atas kejadian tersebut akan menjadi bahan rekomendasi Wings Air untuk meningkatkan kualitas layanan penerbangan. Wings Air menyatakan, patuh dan menjalankan kebijakan bandar udara, pemerintah selaku regulator dan standar prosedur operasi Lion Air Group serta ketentuan internasional dalam menjalankan seluruh jaringan operasional," jelas dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Teguh Imam Wibowo


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018