Pontianak (Antaranews Kalbar) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sambas menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil penghitungan suara pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Barat 2018.

"Kita bersyukur hari ini sebagaimana jadwal tahapan Pilkada, Kabupaten Sambas melaksanakan rapat pleno terbuka rekapitulasi hasil perhitungan suara," kata Ketua KPUD Sambas, Sudarmi di Sambas, Kamis.

Dia menjelaskan dari pembukaan pleno rekapitulasi hingga istirahat siang perhitungan perolehan suara baru selesai empat kecamatan yakni Kecamatan Galing, Jawai Selatan, Jawai dan Pemangkat.

"Kita memperkirakan rapat pleno terbuka ini paling lama akan selesai pukul 22.00 WIB dan mudah-mudah bisa diselesaikan lebih cepat," kata dia.

Baca juga: Sutarmidji-Ria Norsan Unggul di Pontianak

Sudarmi menjelaskan dari proses rekapitulasi yang sudah berjalan terdapat beberapa persoalan, meliputi?ketidakcocokan jumlah DPT antara KPU dengan tingkat PPK dan jumlah DPT disabilitas.

"Ketidakcocokan ini mungkin ada diskomunikasi saja dan hal ini tidak terlalu krusial karena tidak mengubah jumlah perolehan suara masing-masing pasangan calon. Akan tetapi ini sangat penting untuk perhatian semuanya karena kita akan dihadapkan pada Pileg dan Pilpres supaya kejadian ini tidak terulang lagi," kata dia.

Dia memaparkan, berdasarkan penghitungan cepat (Situng) yang dilakukan KPU Sambas, pasangan calon nomor urut 3 Sutamidji-Ria Norsan unggul dengan perolehan 78,49 persen suara.

"Kemudian diikuti pasangan nomor urut 2 Karolin Magret Natasa - Suryadman Gidot dengan perolehan 18,38 persen dan pasangan nomor urut 1 Milton Crosby dan Boyman Harun dengan perolehan 3,13 persen," sebutnya.

Baca juga: Midji - Norsan peroleh 63.814 suara di Kapuas Hulu

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018