Pontianak  (Antaranews Kalbar) - Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Pontianak, Sujadi menyatakan, rata-rata partai politik yang mendaftarkan calon legislatifnya telah memenuhi kuota 30 persen perempuan.

"Dari data terakhir Selasa malam (17/7) rata-rata parpol telah memenuhi kuota keterwakilan perempuan sebesar 30 persen," kata Sujadi di Pontianak, Rabu.

Dari sebanyak 16 parpol peserta Pemilu 2019, rata-rata parpol telah memenuhi kuota sebesar 30 persen untuk perempuan, bahkan ada yang lebih dari yang telah ditetapkan UU, kata Sujadi.

Sebagaimana diketahui, Pileg 2014 menyertakan 12 parpol. Untuk Pileg 2019, ada tambahan empat partai baru menjadi 16 parpol. Parpol lama antara lain PDIP, Hanura, NasDem, PAN, PKS, Gerindra, Golkar, PPP, Demokrat, PKB, PBB, dan PKPI. Lalu PSI, Perindo, Berkarya, dan Garuda sebagai partai baru.

Menurut dia, tidak ada kendala yang berarti dalam proses pendaftaran calon legislatif oleh sebanyak 16 parpol peserta Pemilu 2019.

"Kendalanya hanya masalah data, karena sistem silon (Sistem Informasi Pencalonan), tetapi kami tetap bantu dalam hal tersebut," ujar Sujadi.

Sementara itu, Anggota Panwaslu Kota Pontianak, Irwan Manik Radja menyatakan, proses pendaftaran caleg di KPU Kota Pontianak berjalan lancar dan tidak ditemukan ada masalah yang berarti.

"Kami berharap ke depannya parpol lebih mempersiapkan persyaratan-persyaratan caleg yang akan diusungnya, sehingga tidak ada kendala yang berarti dalam memenuhi persyaratan yang telah ditentukan UU," katanya. 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018