Pontianak (Antaranews Kalbar) - PT Pertamina Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) Balikpapan menyalurkan program Corporate Social Responsibility (CSR) pada area wisata mangrove Margomulyo Kecamatan Balikpapan Barat.

Bantuan CSR dari PT Pertamina TBBM Balikpapan berupa penanaman 2000 bibit mangrove serta pembangunan rumah edukasi wisata mangrove Margomulyo yang diserahkan oleh Operation Head PT Pertamina TBBM Balikpapan, Rahdian Mahardika, dan GM Marketing Operation Regional VI Made Adi Putra kepada Wali Kota Balikpapan, HM Rizal Effendi disaksikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Balikpapan, Suryanto, Senin.

Rahdian dalam sambutannya menyebut penanaman mangrove yang dilakukan sejak tahun 2016 lalu sebanyak 1000 bibit, lalu tahun 2017 dan 2018 sebanyak 2.000 bibit atau 1.000 bibit per tahun. 

"Penanaman bibit mangrove di area mangrove Margomulyo sebagai bentuk kepedulian PT Pertamina TBBM Balikpapan dalam pelestarian lingkungan hidup," jelasnya.

Keberadaan tanaman mangrove sangat baik sebagai tanaman pelindung, berguna mencegah abrasi pantai dan intrusi air laut, apalagi dengan area pohon mangrove yang ada membuat berkembang biak aneka habitat satwa.

"Bahkan satwa endemik seperti Bekantan hidup dan berkembang biak di area mangrove Margomulyo, serta menjadi pemandangan yang sangat menarik di area wisata mangrove Margomulyo," jelas Rahdian. 

Sementara itu, bantuan pembangunan rumah edukasi mangrove oleh TBBM Balikpapan diharapkan menjadi sarana edukasi pendidikan tentang tanaman mangrove bagi pelajar dan masyarakat Balikpapan.

"Semoga dengan adanya bangunan rumah edukasi ini diharapkan antusiasme warga Balikpapan dan luar Balikpapan untuk berkunjung semakin meningkat, sehingga menumbuhkan minat untuk ikut serta melestarikan mangrove dan habitat yang ada di dalamnya.

Sementara itu GM MOR VI, Made Adi Putra dalam kesempatan tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pemkot Balikpapan, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Balikpapan yang telah mendukung program PT Pertamina TBBM Balikpapan sejak tahun 2016.

Sebagaimana diketahui PT Pertamina TBBM Balikpapan menyediakan, menyalurkan BBM bagi masyarakat Balikpapan dan sekitarnya.  

Menurut Made, selain bertugas memenuhi kebutuhan energi untuk masyarakat, 
"Dan kami selalu berkomitmen untuk Pertamina juga menjalankan tanggungjawab sosial melalui program Corporate Social Responsibility. Pertamina selalu berkomitmen untuk berkontribusi meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan lingkungan di sekitarnya. 

Wali Kota Rizal Effendi mengucapkan terimakasih kepada pihak PT Pertamina TBBM Balikpapan yang telah menanam bibit mangrove sejak tahun 2016 lalu dan 2.000 bibit ditahun 2018 ini. "Kalau bisa tidak hanya menanam saja, tetapi juga memelihara, jangan setelah menanam dibiarkan saja. Jadi kalau menanam 2.000 bibit harapannya dapat terus tumbuh, kalau ada bibit yang mati diganti," harap Rizal.

Selain itu dirinya berharap setelah pembangunan rumah edukasi mangrove dapat dilanjutkan denfan rumah ekonomi bagaimana memanfaatkan mangrove sehingga jadi bermanfaat dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat.

"Apalagi kondisi hutan di Indonesia yang terus berkurang, terutama hutan mangrove. Tentunya kegiatan yang dilakukan PT Pertamina TBBM Balikpapan menjadi hal positif dalam menjaga konservasi area mangrove Margomulyo," jelasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan simbolis bibit mangrove dari GM MOR VI kepada Wali Kota Balikpapan, serta OH PT Pertamina TBBM Balikpapan Rahardian kepada kepala DLH Suryanto.

Kemudian pemancangan tiang bangunan rumah edukasi mangrove oleh Walikota, GM MOR VI, OH TBBM, dan DLH serta penanaman bibit mangrove di area yang telah disiapkan bersama para siswa dari beberapa sekolah binaan TBBM Balikpapan seperti SD Patra Dharma 3, SDN 003 Balikpapan Utara, SMKN 6 Balikpapan, MAN 1 Balikpapan, juga SMAN 8 Balikpapan yang lokasinya berdampigan dengan lokasi konservasi mangrove margomulyo.

Tampak pula usai kegiatan Walikota bersama undangan menikmati hidangan kudapan berbahan buah mangrove yaitu klepon mangrove, dan es buah mangrove. 
Walikota juga mendapat bingkisan lukisan Bekantan dari GM MOR VI Made Adi Putra yang dihiasi pigura dari kayu mangrove. 


 

Pewarta: Andilala

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018