Pontianak (Antaranews Kalbar) - Bupati Sintang Jarot Winarno berharap Gerakan Pramuka mampu menjadi perekat persatuan dan kesatuan bangsa serta tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter muda Indonesia.

"Tema Pramuka Perekat NKRI, sekaligus menegaskan bahwa Gerakan Pramuka tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia, untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan demi utuhnya NKRI," kata Jarot Winarno di Sintang, Kalbar, Rabu.

Jarot mengimbau, para orang tua dan guru yang ada di Kabupaten Sintang, agar memberikan kesempatan sekaligus dukungan pada putra-putrinya untuk mengikuti kegiatan kepramukaan di gugus depan masing-masing.

Selain itu, Jarot mengingatkan bahwa pramuka hendaknya dapat mengikuti perkembangan zaman dan tidak terkesan kuno di era komunikasi digital dewasa ini. Mengingat sebagian besar adik-adik anggota pramuka merupakan generasi cyber yang online, seperti selalu update status dan mengungkapkan kondisi secara realtime dalam media sosial.

Baca juga: Saka Bahari penumbuh semangat peduli laut
Baca juga: Pramuka sosialisasi bahaya karhutla

"Tantangan bagi para pembina pramuka dan para pelatih untuk belajar terus menerus, sehingga dapat menerapkan teknologi pendidikan yang terbaru tanpa melupakan prinsip dasar dan metode kepramukaan," ujar dia.

Jarot berpesan dalam menghadapi tahun politik sekarang ini, tentunya bisa saja menimbulkan gejolak sosial yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa.

Untuk itu, dirinya berharap anggota pramuka di seluruh jenjang hendaknya dapat memberikan kesejukan dan jangan terlibat dalam hiruk-pikuk perpolitikan.

Sementara Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Sintang Junaidi mengatakan momen pertama dalam rangka memperingati HUT Pramuka di Kabupaten Sintang tahun 2018 ini dilaksanakan perkemahan bhakti penggalang dan penegak yang di ikuti 7 kecamatan.

Baca juga: Polres Singkawang beri pelatihan Saka Bhayangkara bagi pelajar
Baca juga: Pramuka Sukadana galang dana untuk Bariyah

"Dengan inti kegiatannya ialah latihan kemasyarakatan mereka untuk membentuk karakter diri seorang pramuka, yang mandiri," kata Junaidi.

Junaidi menegaskan bahwa, tema Pramuka Perekat NKRI merupakan tema secara nasional hingga ke kwarcab serta ke gugus depan pramuka, yang bertujuan untuk menegaskan pramuka merupakan garda terdepan dalam menangkal atau mencegah terjadinya perpecahan sesama anak bangsa.

Pewarta: Teguh dan Tantra Nur Andi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2018